Dinas Pendidikan Labuhanbatu Gelar Pelatihan Calon Kepala Sekolah Tahun 2021

0
101
Suasana pelatihan seleksi subtansi calon kepala sekolah (Cakep) tahun 2021, di aula BKPP Labuhanbatu, jalan Asrol Adam Rantauprapat, Kecamatan Rantau Selatan, Rabu (31/3/2021).
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu menggelar pelatihan seleksi subtansi calon kepala sekolah (Cakep) tahun 2021, di aula BKPP Labuhanbatu, jalan Asrol Adam Rantauprapat, Kecamatan Rantau Selatan, Rabu (31/3/2021).

Pelatihan tersebut diikuti sedikitnya 80 orang terdiri dari kepala sekolah dan guru berprestasi dari SD dan SMP yang belum memiliki sertifikat pelatihan se-kabupaten Labuhanbatu.

Plt Kadis Pendidikan Labuhanbatu, Asrol Azis Lubis, SE, MAp, menyebutkan, pelatihan yang digelar ini, dilaksanakan selama dua hari, dimulai sejak tanggal 31-1 April 2021. Satu hari ujian tertulis dan satu hari wawancara, katanya.

“Seleksi subtansi ini, kita lakukan atas dasar Permendikbud sebagaimana tercantum dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007, bahwa seorang kepala sekolah diharapkan memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Untuk itu, penataan sistem rekrutmen kepala sekolah perlu dilakukan secara sistematik agar diperoleh calon kepala sekolah yang memenuhi standar seperti yang diharapkan dengan mengadakan proses rekrutmen yang meliputi pengusulan calon, seleksi administratif, dan seleksi akademik; sedangkan proses pendidikan dan pelatihan meliputi pemberian pengalaman pembelajaran secara teoritik dan praktik,”ujarnya.

Lanjutnya, bahwa tahap pemerolehan sertifikat kepala sekolah menjadi sangat penting, karena tahap ini adalah ujung akhir bagi upaya memilah dan memilih calon kepala sekolah yang layak dan memenuhi persyaratan baik secara administratif maupun akademik, serta memenuhi harapan publik.

Disampaikan Asrol, syarat mengikuti pelatihan yaitu bagi yang  berusia maksimal 55,5 tahun dengan tim penyeleksi dari LPPKS Solo sebanyak 9 orang dan hasilnya akan diumumkan ketika usai seleksi saat itu juga.

 

(Syafii Harahap)