Beranda Parawisata Disparbud Simalungun Adakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

Disparbud Simalungun Adakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

209
0
Foto bersama di Atsari Hotel Parapat, mewakili Kadis, Zulpanuddin Dalimunthe SH, Bambang Cahyo Murdoko, Direktur Keuangan Umun dan Komunikasi Publik, Camat Girsip, Boas Manik SH, dan Ketua DPD Himpunan Pariwisata Indonesia Kus Endro. (Foto/Stg)
Loading...

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Destinasi pariwisata yang sangat indah dan sangat menakjubkan yang dimiliki Danau Toba merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, serta peninggalan purbakala, dan peninggalan sejarah.

Sedangkan seni, dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, merupakan sumber daya dan modal untuk pembangunan kepariwisataan untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, sebagaimana terkandung dalam Pancasila dan pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simalungun mengundang para stakehokder, pelaku wisata dan para kelompok sadar wisata (Pokdarwis),  guna mengikuti pelatihan tata kelola destinasi pariwisata, di Atsari Hotel,  Kamis (20/6/2019).

Kegiatan yang dibuka Kadis Pariwisata Simalungun, diwakili Zulpannuddin Dalimunthe SE, bidang sarana prasarana pariwisata ini, dikhususkan bagi 70 orang peserta.

Baca Juga!  Sambut Pelaksanaan Pilkades, Kapolsek Kota Kisaran Harapkan Tetap Jaga Situasi Kamtibmas Yang Kondusif

Supaya mereka lebih konsentrasi dalam tata kelola destinasi wisata,  sekaligus memantapkan persiapan dalam menyambut wisatawan, pada bulan Desember 2019 mendatang, ujar Zulpan.

Sambutan Kadis Pariwisata, menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia  pariwisata yang profesional untuk meningkatkan  daya saing dan daya tarik destinasi.

Seperti diketahui, bahwa Kabupaten Simalungun memiliki program jenis obyek-obyek wisata yang potensial untuk terus dikembangkan, dan jika kita dikelola secara professional, pasti membawa hasil yang lebih baik dan kita harapkan mampu meningkatkan sumber pendapatan masyarakat sekitar destinasi, ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, disampaikan, bahwa Danau Toba merupakan salah satu destinasi dari 10 destinasi pariwisata yang paling prioritas di Indonesia, sehingga 8 kabupaten yang lain se kawasan Danau Toba, berlomba-lomba untuk meningkatkan daya tarik agar wisata yang akan datang betah dan nyaman berwisata khususnya di Kabupaten Simalungun.

Baca Juga!  Ihan Batak Resmi Beroperasi di Perairan Danau Toba

Sementara itu, narasumber yang didatangkan oleh Dinas Pariwisata, seperti Bambang Cahyo Murdoko sebagai Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BODT), dalam paparannya menyampaika, bahwa pariwisata dan budaya, jika dikemas dengan dengan baik akan mampu menurunkan angka kemiskinan.

Bambang Cahyo juga mengatakan, bahwa kepariwisataan itu merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan, dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup, serta kepentingan nasional.

Pembangunan kepariwisataan diperlukan untuk mendorong pemerataan kesempatan berusaha dan memperoleh manfaat serta mampu menghadapi tantangan perubahan kehidupan lokal, dan nasional. Sesuai UUD No 10 Tahun 2009 tentang Pariwisata, Pasal 4, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menghapus kemiskinan, mengatasi penggaguran masyarakat sekitar dan lainnya.

Baca Juga!  Keseruan Puncak Millenial Road Safety Festival yang Digelar Polres Sergai

Dirinya juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun agar segera membuat Riperda Pariwisata.

Narasumber lainnya juga memberikan pemahaman dan pendalaman terkait kepariwisataan, seperti disampaikan Kus Endro, Ketua DPD Himpunan Pariwisata Indonesia Sumut,  dan Evi, Kabid Pengelolaan Sampah dan B3 dari Dinas Lingkungan Hidup Simalungun.

(Stg)

 

Loading...