Ditangkap Warga, Dua ABG Pencuri Motor Nginap di Sel Polsek Firdaus

0
61
Foto kedua tersangka dan barang bukti sepeda motor.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Dua anak baru gede (ABG), berinisial RIH (16), warga Dusun I, Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin, bersama AI (20), warga Dusun VI Rampah Kiri, Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Serdang Bedagai (Sergai), terpaksa digelandang ke Mapolsek Firdaus, Minggu (10/1/2020) lalu, pukul 18:00 WIB.

Pasalnya, kedua pelaku nekat melakukan pencurian sepeda motor milik warga.

Setelah mendengar pelaku tertangkap warga, korban Hairul Efendi (31), warga Dusun II, Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, korban melihat sepeda motor milik pelaku adalah miliknya yang tersimpan, di sebuah bengkel motor.

Atas perbuatannya, korban langsung membuat pengaduan ke Mapolsek Firdaus, sesuai LP / 06 / I / YAN.2.6 / 2021/ SU /Res Sergai/Sek Firdaus, tanggal 10 Januari 2021.

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, di dampingi Kapolsek Firdaus, AKP Idham Khalik, Senin (11/1/2021), membenarkan penangkapan kedua pelaku pencurian dan pemberatan yang tertangkap warga.

“Hasil interogasi, ternyata kedua pelaku terlebih dahulu melakukan pencurian satu unit sepeda motor Yamaha Mio, milik warga Sei Rampah,”sebut Kapolres.

Menurut Kapolres, kejadian bermula, pada hari Sabtu (9/1/2021) lalu, pukul 06:00 WIB.

Dimana korban bangun tidur, lalu keluar rumah dan melihat pintu belakang bengkel yang sudah tergembok sudah dalam kondisi terbuka.

Melihat kondisi bengkel sepeda motor miliknya terbuka, korban merasa curiga, lalu mengecek kedalam bengkel tersebut.

Dimana sebuah sepeda motor Yamaha Mio dengan nomor polisi BK 3631 CU  yang parkir di bengkel sudah tidak ada. Kemudian korban mengecek kembali, ternyata 4 baterai kering sepeda motor merek GS, 1 baterai basah sepeda motor merek Yuasa dan 2  buah carbulator sepeda motor hilang, ucap Kapolres Sergai.

Selanjutnya, korban memberitahu kedua saksi, Maharani (31) dan Legemin (67), bahwa sepeda motor sudah hilang, sehingga dilakukan pencarian di sekeliling rumah, namun tidak ditemukan.

Dimana para pelaku masuk melalui pintu belakang bengkel yang terbuat dari kayu yang tergembok, lalu masuk dengan cara membuka baut engsel gembok dan mengambil sepeda motor, baterai dan carbulator.

Selanjutnya pada hari Minggu (10/1/2021), pukul 11.00 WIB saat korban bekerja di bengkelnya, datang seorang warga, bernama Lukman yang memberitahukan, bahwa ada pelaku pencurian sepeda motor telah tertangkap warga, di Desa Sukajadi, Kecamatan Tanjung Beringin.

Kemudian korban bersama Lukman, langsung mengecek ketempat kejadian tersebut.

Selah tiba di tempat kejadian tersebut, korban melihat sepeda motor milik pelaku adalah milik korban.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp.3.400.000 (Tiga Juta Empat Ratus Ribu Rupiah), serta keberatan, lalu melaporkan kejadian ini ke Polsek Firdaus, agar pelaku dapat diproses sesuai hukum yang berlaku, ungkapnya.

“Saat ini kedua pelaku dan barang bukti sudah diamankan ke Mapolsek Firdaus, guna proses lebih lanjut. Pelaku kita kenakan pasal 363 (1) KUHPidana ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara, dan jika pelaku di bawah umur, kita lakukan upaya diversi,”pungkasnya.

 

(ML.hrp)