Ditengah Pandemi Covid-19, Pemkab Lingga Gelar Bazar Paket Sembako Murah

0
86
Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, S,Sos, bersama rombongan meghadiri kegiatan bazar, di Kelurahan Dabo lama, Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Kepri.
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Mengatasi krisis ekonomi masyarakat yang terdampak wabah virus corona (Covid-19) yang tiada tahu kapan berakhirnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga menggelar kegiatan bazar paket sembako murah.

“Hari ini kita mulai menggelar kegiatan sembako murah bagi masyarakat dengan menggunakan anggaran penanganan Covid-19,”ungkap Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, S.Sos, saat menghadiri kegiatan bazar paket sembako murah, di Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri, Selasa (12/5/2020).

Sementara, Kasubag Humas Pemkab Lingga, Pikrizal mengatakan, “Saat menghadiri kegiatan bazar yang diselenggarakan, Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar juga menyebutkan, bahwa anggaran bazar paket sembako murah itu bersumber dari anggaran daerah Kabupaten Lingga tahun 2020, sebesar Rp600 juta,”ucapnya

Bantuan subsidi sembako tersebut, disalurkan melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Lingga.

Paket sembako tersebut dalam harga normal seharga Rp 250.000,- kemudian disubsidi oleh Pemkab Lingga menjadi seharga Rp. 150.000. Dan bagi setiap warga masyarakat penerima paket sembako tersebut, cukup hanya membayar Rp. 100.000 saja. Adapaun isi paket itu terdiri dari beras premium 10 kg, tepung terigu 4 kg, gula 4 kg dan 4 kantong minyak gorang ukuran 900 ml, jelasnya.

Sembako murah ini kita tebar di beberapa kecamatan yang ada di Lingga. Untuk kegiatan perdananya, dimulai hari ini (Selasa 12/5/2020) bertempat di Kantor Kelurahan Dabo Lama. Sedangkan paket sembako murah di desa, bersumber dari Dana Desa (DD). Mengingat di tingkat desa juga terdapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) berkisar Rp 600.000, jelasnya lagi.

“Bagi masyarakat yang masih menunggu bantuan-bantuan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial akan disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Lingga. Dengan jumlah kisaran 3.370 penerima, dan disitu juga nanti ada dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kemensos. Dan untuk penyalurannya juga akan segera dilakukan,”terang Nizar melalui Pikrizal.

Lanjutnya, untuk penerima bantuan tersebut, merupakan orang-orang yang telah diverifikasi, di luar penerima PKH. Dan akan dilakukan verifikasi dan sinkronisasi ulang penerima bantuan yang dititipkan dari Kemensos ke Dinsos Lingga, agar tidak terjadi tumpang tindih penyaluran bantuan nantinya.

Hadir dalam kegiatan bazar murah, mendampingi Wakil Bupati Lingga, yakni, Asisten II Bupati Lingga, Plt DPMPTSPP Lingga beserta jajaran, Plt Camat Singkep, Lurah Dabo Lama dan masyarakat Dabo Lama.

 

(R/Dl/Zul)