Ditinggal Ayah Mengisi Baterai Ponsel ke Tetangga, Balita Tewas Terpanggang di Rumah

0
8
Kebakaran rumah di Dusun I, Desa Sanawuyu, Kecamatan Sawo, Nias Utara, Sumatera Utara, yang menewaskan seorang balita. (Foto: Polres Nias)
Dijual Rumah

Nias Utara, buktipers.com – Seorang anak balita, Feblius Telaumbanua (4), ditemukan tewas terpanggang akibat kebakaran rumahnya di Dusun I, Desa Sanawuyu, Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Korban terjebak api saat ditinggal ayahnya yang mengisi baterai ponsel ke rumah tetangga.

Paur Humas Polres Nias, Aiptu Yadsen Hulu mengatakan, kebakaran rumah milik Odo Olani Telaumbanua alias Ama Wira itu terjadi pada Selasa (17/11/2020), sekitar pukul 20.00 WIB.

Musibah itu juga mengakibatkan kakak korban, Cornelius Telaumbanua (8), dan kakeknya Faogombowo Telaumbanua (73), mengalami luka bakar.

“Dalam musibah itu, anak kandung Odo Olani Telaumbanua, yakni Feblius Telaumbanua meninggal dunia dengan luka bakar serta gosong. Dua lagi anaknya, yaitu Monika Telaumbanua dan Fransiska Winingsih berhasil menyelamatkan diri dari kobaran api,” kata Aiptu Yadsen Hulu, Rabu (18/11/2020).

Aiptu Yadsen Hulu menjelaskan, menurut Odo Olani Telaumbanua, kronologi kebakaran berawal saat sekitar pukul 19.00 WIB, Odo Olani Telaumbanua ke rumah tetangga yang berjarak sekitar 300 meter untuk men-charger telepon selulernya. Sebab, rumahnya belum teraliri arus listrik PLN.

Dia meninggalkan empat orang anak-anak yang masih kecil serta ayah kandungnya.

“Odo Olani Telaumbanua pergi ke rumah tetangga yang berjarak sekitar 300 meter untuk men-charger telepon selulernya. Sementara istrinya juga sedang berkunjung ke rumah keluarga karena ada acara keluarga,” kata Aiptu Yadsen Hulu.

Sebelum meninggalkan rumah, dia menyalakan lampu teplok untuk penerangan rumah.

Lampu itu diletakkan di atas meja dan di bawah meja ada tumpukan kain. Diduga, lampu teplok itu yang menyebabkan kebakaran rumah Odo Olani Telaumbanua.

Dalam waktu singkat, rumahnya hangus terbakar rata dengan tanah. Warga setempat tidak bisa memadamkan api yang membakar rumah kayu milik Odo Olani Telaumbanua itu karena kobaran api cepat membesar.

“Petugas telah melakukan cek TKP dan membawa korban luka untuk ditangani medis,” katanya.

 

Sumber : iNews.id