Ditinggal Pemiliknya Ke Warung Kopi, Rumah Sitopu Ludes Terbakar dan Sambar 4 Rumah Tetangga

0
7
Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api dan kondisi rumah yang hangus terbakar.

Sergai, buktipers.com – Bengkel merangkap tempat tinggal, milik Sitopu alias Kengkeng (52), di Dusun I, Desa Kotarih Pekan, Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), ludes terbakar, Sabtu (5/9/2020) malam lalu, sekitar pukul 20.20 WIB.

“Belum diketahui sumber api yang menghanguskan bengkel tersebut, tetapi akibat kebakaran itu, ruang tengah hingga ke dapur bangunan hangus terbakar dan kerugian material mencapai Rp.50 juta,”terang Kapolres Sergai, AKBP Robinson Simatupang SH, M.Hum, melalui Kapolsek Kotarih, IPTU Domdom Panjaitan, kepada wartawan, Minggu (6/9/2020).

Selain itu, sambung Panjaitan, api juga menyambar empat rumah di sekitarnya. Atara lain, rumah milik Masa Br Saragih alias Mamak Parla (60), bangunan dapur habis terbakar dan mengalami kerugian mencapai Rp 10 juta.

Kemudian, rumah Masniah Br Sipayung (63), dapur terbakar dengan kerugian mencapai Rp.5 juta. Rumah milik Horna Br Saragih (65), kondisi asbes dan atap seng hangus terbakar dengan kerugian Rp5 juta dan rumah milik Naik Damanik (70), kondisi dinding kanan bagian atas bangunan rumah terbakar dan mengalami kerugian mencapai Rp.5 juta.

Pada saat itu, kata Domdom, lampu listrik PLN baru menyala dan sekitar pukul 20.20 WIB, saksi Masa Br Saragih alias Mamak Parla, melihat api, di bagian dapur bangunan bengkel Sitopu sudah membesar.

“Lalu dengan spontan dia berteriak keras mengatakan Api…!Api…! Kebakaran…!,”ungkap Panjaitan.

Kemudian dijelaskan Kapolsek lagi, saksi mata Masniah Br Sipayung, keluar dari rumahnya dan melihat api di dalam ruang tengah rumah tetangga rumahnya yaitu di bengkel milik Sitopu telah marak membesar.

Masniah Br Dipayung berteriak minta tolong sambil berkata ” Api.. Api… Terbakar… Terbakar sambil menunjuk rumah sebelahnya” .

Akhirnya dengan spontan warga berdatangan untuk membantu memadamkan api tersebut dengan menyiramkan air pakai ember secara beramai ramai dan juga dibantu personel Polsek Kotarih, karena TKP dari Polsek hanya berjarak 300 meter.

Selanjutnya, sekitar pukul 21.30 WIB, mobil Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang yang dipimpin oleh Eka Sianipar dan Tim Damkar Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Sergai yang dipimpin oleh Ahmad Alwil Harahap, tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman api untuk lebih menyakinkan supaya api tersebut, benar – benar telah padam.

“Diduga api bersumber dari rumah Bengkel Sitopu dan api tersebut telah sempat merambat ke rumah di sebelahnya atau tetangga, sehingga sebagian bangunan rumah ikut terbakar,”ujar Kapolsek.

Pada saat sebelum kejadian, Bengkel Sitopu alias Kengkeng, tidak berada di dalam rumah, namun berada di kedai kopi.

Bangunan rumah Bengkel Sitopu alias Kengkeng terbuat dari berbahan kayu dan bangunan tersebut, merupakan bangunan lama, sehingga sangat mudah terbakar.

Bahan bangunan rumah yang bertetangga dengan rumah bangunan Bengkel Sitopu alias Kengkeng juga dominan berbahan kayu dan tepas bamboo, sehingga sangatlah mudah untuk terbakar.

Petugas juga menemukan pada saat di TKP, meteran lisrik yang ada di rumah Bengkel Sitopu masih dalam keadaan aktif dan normal.

“Dugaan sementara terjadinya kebakaran tersebut masih dalam lidik. Dan data sementara, total kerugian materil atas kejadian tersebut sekitar Rp 70 juta dan tidak ada korban jiwa,”pungkas Panjaitan.

(ML.hrp)