Beranda Hukum Ditjen PAS Ungkap Penyebab Kebakaran Lapas Perempuan Tanjung Gusta Medan

Ditjen PAS Ungkap Penyebab Kebakaran Lapas Perempuan Tanjung Gusta Medan

62
0
Ilustrasi. (Net)

Jakarta, buktipers.com – Kebakaran terjadi di Lapas Klas IIA Perempuan Medan, Sumatera Utara. Kebakaran disebabkan oleh percikan api yang bersumber dari gas elpiji di ruang bimbingan kerja lapas.

Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas, Kementerian Hukum dan HAM, Ade Kusmato menyebut kebakaran terjadi sekitar pukul 05.50 WIB, Minggu, (1/2/2019). Saat warga binaan mengikuti pelatihan memasak kue, tiba-tiba tabung gas elpiji mengeluarkan percikan api.

“Tabung gas elpiji berukuran 3 kg mengeluarkan percikan api, selanjutnya menyambar dan api membesar. Pegawai jaga malam sudah berupaya memadamkan api bersama beberapa WBP yang bekerja di ruangan bimbingan kerja, namun api terus membesar melahap ruangan bimbingan kerja,” ujar Ade dalam keterangan yang diterima detikcom.

Baca Juga!  Jalur Medan - Berastagi Padat, Polisi Siapkan Jalur Alternatif

Ade menyebut sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran di kerahkan ke lokasi saat kejadian berlangsung. Api berhasil dipadamkan tak lama kemudian dan tidak menjalar ke blok lain.

Sementara itu, selama proses pemadaman berlangsung sekitar 604 narapidana sempat di evakuasi ke ke Rutan Perempuan Medan. Namun setelah api dipadamkan warga binaan kembali ke lapas.

“Untuk menghindari gangguan kamtib telah dilakukan evakuasi terhadap 604 orang narapidana dengan cara memindahkannya ke Rutan Perempuan Medan. Karena api telah padam dan situasi lapas aman kondusif dapat dikendalikan maka pukul. 07.50 WIB dilaksanakan evakuasi kembali WBP dari Rutan Perempuan Medan ke Lapas Perempuan Medan,” kata dia.

 

Baca Juga!  Aksi Massa 2 Kelompok Berbeda di Bawaslu Sumut Memanas, Polisi Buat Barikade

Sumber : detik.com

 

Loading...