Beranda Serba Serbi Dokter di China Berhasil Transplantasi Ginjal Milik Bayi ke Perempuan 47 Tahun

Dokter di China Berhasil Transplantasi Ginjal Milik Bayi ke Perempuan 47 Tahun

46
0
Dokter di China berhasil memindahkan ginjal milik bayi ke perempuan 47 tahun (Ilustrasi, Foto: AFP)
Loading...

Buktipers.com – Beijing

Dokter di Provinsi Hubei, China, berhasil melakukan operasi transplantasi dua ginjal milik bayi yang lahir prematur kepada perempuan berusia 47 tahun.

Rumah Sakit Wuhan Union menyatakan, berat bayi pendonor ginjal hanya 1,3 kilogram. Dengan demikian, ginjal yang ditransplantasikan tersebut diketahui sebagai yang paling ringan.

Pasien penerima ginjal diketahui bernama Wang dari Duchang, Provinsi Jiangxi. Dia diagnosis menderita uremia pada Juni 2018. Sedangkan operasi transplantasi berlangsung pada Juli 2018.

Dokter mengatakan, Wang harus segera mendapat donor ginjal jika tak ingin sisa hidupnya dilalui dengan cuci darah.

Menurut rumah sakit, orangtua bayi setuju untuk menyumbangkan organ ginjal setelah anak mereka meninggal.

Baca Juga!  Ada Apa...? Listrik Sering Padam, Warga Cisel Mengeluh

Setahun setelah operasi, dua ginjal bayi yang awalnya hanya memiliki panjang 3 dan 4 sentimeter telah tumbuh menjadi 6,9 dan 7,6 cm di tubuh pasien. Ini mendekati ukuran ginjal orang dewasa yang biasanya 10 cm. Sejauh ini, kedua ginjal berfungsi normal dan kondisi Wang telah pulih.

Operasi transplantasi ginjal dari bayi ke orang dewasa jauh lebih sulit, dibandingkan dari donor orang dewasa. Secara umum, bayi yang beratnya kurang dari 5 kilogram dianggap tidak potensial untuk menjalani operasi transplantasi.

Wang Zhendi, ahli bedah transplantasi di Rumah Sakit Wuhan Union, menjelaskan, pembuluh darah dan ureter, tabung yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih, pada bayi sangat tipis. Ini membuat operasi sangat sulit dilakukan, dengan kemungkinan komplikasi pascaoperasi lebih tinggi.

Baca Juga!  Dua Dari Lima Pemuda Di Batubara Tewas Disambar Petir

Selain itu sulit bagi ginjal-ginjal semacam itu untuk berfungsi dalam tubuh orang dewasa karena mereka tidak bisa berkembang sepenuhnya.

“Semakin kecil bobot donor, maka semakin lambat pula ginjal dapat berfungsi di dalam tubuh tempat transplantasi,” kata Zhendi, dikutip dari China Daily, Minggu (14/7/2019).

Namun, meski orang dewasa dapat bertahan hidup hanya dengan satu ginjal, biasanya dua ginjal yang ditransplantasikan dari bayi bisa meningkatkan peluang hidup, bahkan kembali normal.

Di Rumah Sakit Union Wuhan, ada lebih dari 500 pasien gagal ginjal menunggu organ yang cocok untuk transplantasi.

 

Sumber : iNews.id

 

Loading...