Dompet Dhuafa Medan Gelar Pengobatan Gratis di Desa Bagan Kuala

0
204
Dompet Dhuafa Medan Gelar Pengobatan Gratis di Desa Bagan Kuala. (Foto/ML.hrp)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Sergai (Sumut)

Puluhan warga Desa Bagankuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), mendapat pengobatan dan pengecekan kesehatan gratis dari “Dompet Dhuafa Medan”, Kamis (28/3/2019).

Pimpinan Dompet Dhuafa, Sulaiman saat diwawancarai awak media, mengaku, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk membantu masyarakat maupun pemerintah menuju pola hidup sehat. Kegiatan itu, lanjut dia, dilaksanakan di 6 desa, di seluruh Sumut yang salah satunya, ialah Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin.

“Kegiatan ini sebagai bentuk akses layanan kesehatan gratis kepada masyarakat pesisir bekerjasama dengan kepala desa. Kita berharap, usai kegiatan ini masyarakat dapat menjaga pola makan teratur dengan memerhatikan kadar gizi maupun sayur,” ujarnya.

Pimpinan Dompet Dhuafa, Sulaiman saat diwawancarai awak media. (Foto/ML.hrp)

Sementara itu, salah seorang petugas layanan kesehatan gratis Dompet Dhuafa, dr Ade Surya Sinuhaji, mengatakan, ada 5 penyakit dominan yang diderita masyarakat Desa Bagan Kuala, diantaranya, darah tinggi, kolesterol, gula, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan reumatik. Dia juga menyebut, dari target 100 peserta, masih 70 warga yang mengikuti program layanan kesehatan gratis tersebut.

“Kita juga sudah berikan edukasi ke masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dimana, kita menjelaskan bagaimana pola makan, pola menjaga diet serta pola membersihkan lingkungan.

Kemudian, yang terakhir kita beri obat-obatan gratis dan kita juga siap menyediakan pelayanan kesehatan lanjutan di Medan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Bagan Kuala, Syafril, mengungkapkan apresiasinya kepada Dompet Dhuafa Medan yang telah peduli dengan kesehatan masyarakat pesisir. Dia juga berharap, kegiatan ini dapat diikuti instansi maupun lembaga sosial lainnya.”Semoga masyarakat Desa Bagan Kuala menjadi lebih sehat ke depannya,” tutur Sapril.

(ML.hrp)