Beranda Lintas Provinsi Dua Caleg PSI Punya Suara Sama, Begini Keputusan Partai

Dua Caleg PSI Punya Suara Sama, Begini Keputusan Partai

75
0
Ilustrasi PSI. (Net)

Buktipers.com – Surabaya

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meraup suara sekitar 11.000 suara. Dengan capaian itu PSI menempatkan 4 wakil mereka.

Namun ada dua caleg dari dapil yang sama mendapatkan suara sama persis. Mereka adalah Tjutjuk Supariono dan Khendy Ferary dengan suara sama yakni 2.502 suara. Bagaimana partai memutuskan hal tersebut?

Ketua PSI Surabaya Puji Kurniawati mengatakan perebutan kedua caleg yang memperoleh suara yang sama tidak akan diputuskan oleh internal partai. Namun akan diputuskan melalui landasan peraturan dan penyebaran suara di masing-masing wilayah mereka.

“Kita juga nggak semena-mena lah sama caleg. Kita mencari landasan hukumnya juga. Di PKPU nomor 5 itu kan juga ada pasalnya. Kita lihat dulu penyebaran di wilayah mereka menang yang lebih banyak yang mana sehingga bisa dipertimbangkan,” kata Puji saat dihubungi melalui telepon, Jumat (10/5/2019.

Baca Juga!  Ibu dan Anak Bunuh Diri Minum Racun Tinggalkan Pesan Tertulis

Pastinya kita akan lihat wilayah yang terkecil di kelurahan. Jadi berapa kelurahan si A berapa kelurahan si B berapa kelurahan dengan seperti itu nanti. Kemudian selain dari penyebaran itu kita pasti merujuk Undang-Undang juga,” lanjut Puji.

Dengan landasan itu, tambah Puji, kedua caleg PSI akan ditentukan siapa yang berhak untuk mewakili partai di dewan. Ia juga menepis isu bahwa keputusan yang akan diambil karena kedekatan personal caleg dengan partai.

“Kita nggak (menunjuk) siapa yang dekat dengan partai itu yang kita tunjuk. Kita bukan partai yang semena-mena,” tandas Puji.

Sumber : detik.com

Loading...