Dua Pegawai Tes PCR di Bandara Soetta Terpapar Omicron, Sempat Kontak dengan Penumpang

0
1
Ilustrasi, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). (Foto: Antara).
Dijual Rumah

Tangerang, buktipers.com – Dua pegawai administrasi RT-PCR di Area Covid-19 Testing Center Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) terpapar Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron.

Keduanya berasal dari i-Lab dan Farmalab. Komandan Satuan Tugas (Satgas) Udara Covid-19 Bandara Soetta Kolonel Sus Agus Listiyono mengatakan, keduanya diketahui sempat kontak langsung dengan penumpang.

“Seperti yang dapat info ada dia di bagian administrasi, kontak dengan penumpang. Sementara yang kita pantau selama ini, iLab ada satu orang dan Farmalab ada satu orang,” ujar Agus di Tangerang, Senin (3/1/2022).

Dia menuturkan, setelah dilakukan tracing terhadap keduanya, ternyata petugas administrasi dari Farmalab tinggal bersama dengan belasan rekan kerja di kos Ruko Imperial, Kalideres, Jakarta Barat.

Hasil tracing, kata dia 14 orang di kos tersebut terpapar Covid-19.

“Perkembangannya karyawan Farmalab yang satu terpapar tinggal di satu mess, yang saat ini sudah dinyatakan positif menyebar ke 14 orang tersebut,” tuturnya.

Seluruh penghuni mess yang ditempati oleh petugas administrasi tersebut telah dipindahkan ke Wisma Atlet Kemayoran untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Selain itu, Satgas Udara Covid-19 juga telah mengajukan permohonan agar petugas yang berinteraksi langsung harus dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

Jaga jarak antarpenumpang dan petugas juga perlu ditingkatkan lagi, terlebih saat ini semua prosedur sudah dilakukan dengan sistem yang terintegrasi.

“Antisipasinya kami sudah mengajukan untuk APD. Yang kedua kita benar-benar untuk menjaga jarak jangan sampai bersentuhan, apalagi kita sudah by system semua. Jadi kita tidak perlu untuk flow itu bersinggungan dengan penumpang,” ucapnya.

 

Sumber : iNews.id