Dua Pesawat TNI AL Bantu Pencarian Puluhan ABK Tenggelam di Perairan Kalbar

0
1
Pencarian puluhan ABK kapal tenggelam di perairan Kalimantan Barat. (Foto: Antara)
Dijual Rumah

Pontianak, buktipers.com – Dua pesawat TNI AL ikut membantu pencarian puluhan Anak Buah Kapal (ABK) dari 18 kapal tenggelam di perairan Kalimantan Barat (Kalbar). Dua pesawat tersebut yakni pesawat jenis CN-235, dan Cassa NC-212.

“Dua pesawat udara itu sudah tiba di Pontianak bantuan dari Koarmada I dan langsung melakukan pencarian korban,” ujar Dan Lantamal XII Brigjen (Mar) Andi Rukman di Pontianak, Minggu (18/7/2021).

Dia mengatakan, selain dua pesawat yang melakukan pencarian dari udara, TNI AL sebelumnya sudah mengerahkan dua KRI untuk membantu pencarian di laut. Kapal yang dikerahkan yakni KRI Usman Harun 359 dan KRI Kerambit 627. Selain itu juga dikerahkan  Kapal AL Sambas dan dua unit Sea Rider Lantamal XII.

“Kami berharap bantuan KRI dan pesawat udara dari Koarmada I ini bisa membantu pelaksanaan SAR gabungan yang sudah kita laksanakan bersama sejak tanggal 14 Juli 2021,” ujarnya.

Hingga kini ABK yang belum ditemukan berjumlah 43 orang. Ada satu tambahan korban yang belum terdata dari KM Kawan Lama.

Basarnas Pontianak juga mendapat data tambahan satu lagi kapal nelayan yang tenggelam, sehingga total kapal yang hilang menjadi 18 kapal.

 

Sumber : iNews.id