Dua Warga Dabo Positif Covid-19, Ini Kata Pjs. Bupati Lingga

0
46
Pjs. Bupati Lingga Juramadi Esram
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Dua orang warga Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, terpapar positif virus corona (Covid-19).

Hal itu dijelaskan tim gugus penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, melalui press release, pada Minggu, 18 Oktober 2020, lalu.

Bahwa dari hasil swab tes RT-PCR oleh BTKLPP Kelas 1 Batam, dua orang warga Lingga, terkonfirmasi positif Covid-19 yaitu bernomor 04 dan 05.

Untuk nomor 04, berinisial Tn.Tn (Laki-laki, 57 Tahun), warga Jalan Perusahaan Timah, Pasir Putih, RT.001/RW.001, Kelurahan Dabo, dan merupakan Anggota DPRD Lingga.

Pasien Tn.Tn, sebelumnya pada tanggal 11 Oktober 2020 lalu, melakukan perjalanan dari Batam ke Dabo, dan sejak itu mengeluh gejala batuk, pilek dan malaise.

Lalu, pada tanggal 15 Oktober 2020, dilakukan pengambilan swab H-1, dan pada 16 Oktober 2020, dilakukan pengambilan test swab H-2 dan dikirim ke BTKLPP Kelas 1 Batam. Dan hasilnya, 17 Oktober 2020, pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Hingga saat ini tidak menunjukkan peningkatan gejala, dan sedang menjalani isolasi mandiri, di rumah karantina sementara dan dipantau kesehatannya oleh petugas Puskesmas Dabo lama dan Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Lingga.

Dan untuk nomor 05, yaitu pasien berinisial My. Sy (Perempuan, 55 Tahun) atau istri dari pasien 04, yang satu alamat tempat tinggal.

Yang bersangkutan, sebelumnya pada tanggal 08 Oktober 2020 melakukan perjalanan dari Pekanbaru ke Batam dan selanjutnya ke Dabo Singkep, pada tanggal 11 Oktober 2020.

Dia mengeluh gejala batuk, dan demam. Lalu, pada 15 Oktober 2020 dilakukan pengambilan test swab H-1 dan pada 16 Oktober 2020, dilakukan test swab H-2.

Dan pada tanggal 17 Oktober 2020, hasil dari BTKLPP Kelas 1 Batam keluar dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Yang bersangkutan tidak menunjukkan peningkatan gejala dan melaksanakan isolasi mandiri, di rumah karantina sementara Kabupaten Lingga yang dipantau Puskesmas Dabo lama dan Dinas Kesehatan PPKB Lingga.

Dan juga sedang dilakukan tracing oleh Tim Surveilans Puskesmas Dabo lama dan Dinas Kesehatan PPKB Lingga. Dan sedang dilakukan upaya penemuan kontak erat, sesuai notifikasi dari kasus terpapar Covid-19 tersebut.

Menanggapi dua kasus positif Covid-19 tersebut, DR. Drs. H.M Juramadi Esram, SH, selaku ketua satuan tugas penanganan Covid-19 Lingga yang juga Pjs. Bupati Lingga, meminta masyarakat agar tetap tenang, siaga dan waspada. Terus disiplin menggunakan masker, jaga jarak dan terus mencuci tangan menggunakan sabun cair, himbaunya.

“Dengan adanya dua warga Lingga yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka saat ini Kabupaten Lingga masuk zona kuning. Dan terkait kegiatan belajar mengajar di sekolah, kita sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan agar tetap berjalan seperti biasa dengan memperketat protokol kesehatan. Apalagi dua kasus tersebut terjangkit dari luar Kabupaten Lingga,”pungkas Zuramadi Esram.

(Dl/Zul)