Dua Warga Rutan Kelas II B Putussibau Positif Idap AIDS, Ini Dilakukan Mulyoko

0
196
Kepala Rutan Kelas II B Putussibau, Mulyoko. (Foto/Bayu)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Kapuas Hulu (Kalbar)

Kepala Rutan Kelas II B Putussibau, Mulyoko, menyatakan, ada warga binaan menjadi pantuan khusus oleh pihaknya, serta Puskesmas Kedamin.

”Ada dua warga binaan Rutan Putussibau, mengindap penyakit AIDS, “katanya kepada wartawan, Rabu (27/2/2019).

Dijelaskan Mulyoko, dua warga binaan itu, satu perempuan dan satunya laki – laki. Warga binaan ini sudah menjalani hukuman di Rutan, sekitar delapan bulan, dalam perkara penyalahgunaan Narkoba.

“Dua orang yang menderita HIV-AIDS ini dua-duanya kasus narkoba, ” ungkapnya.

Dikatakan Mulyoko, dua warga binaan ini diketahui mengindap AIDS, ketika tim kesehatan Puskesmas Putussibau Selatan, melakukan tes darah kepada ASN Rutan, serta seluruh warga binaan, pada beberapa bulan lalu.

“Kegiatan pengecekan kesehatan rutin dilakukan Puskesmas. Dan untuk pegawai, tidak ada ditemukan penyakit dan narkoba,”tandasnya.

Masih katanya, kondisi kesehatan kedua warga binaannya itu semakin melemah. “Bagi keduanya kita sediakan ruangan khusus,”beritahunya.

“Kita bersama tim kesehatan tetap rutin melakukan pengawasan serta penanganan yang khusus. Dengan memberikan obat setiap hari,”tambahnya.

Mulyoko berharap kepada masyarakat, terutama bagi sesama warga binaan agar tidak melakukan diskriminasi, atau menjauhi penderita AIDS ini, karena penyakit ini tidaklah menular dengan mudah.

(Bayu)