Dugaan Pelanggaran Netralitas, Camat Katang Bidare Dilaporkan ke KASN

0
80
Ketua dan Anggota Bawaslu Lingga.
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Bawaslu Kabupaten Lingga,  meneruskan kasus dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilakukan Camat Katang Bidare, kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta untuk dilakukan penindakan.

“Berdasarkan bukti-bukti serta keterangan saksi yang kami hadirkan, di bawah sumpah, membenarkan temuan dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara atau melanggar ketentuan pada UU Nomor 5 Tahun 2014, PP Nomor 42 Tahun 2004, PP 53 Tahun 2010 dan Keputusan Bersama Menpan, Mendagri, Kepala BKN, Ketua KASN, dan Ketua Bawaslu Nomor 5 Tahun 2020, Nomor 800-2836 Tahun 2020, Nomor 167/KEP/2020, Nomor 6/SKB/KASN/9/2020, Nomor 0314,” jelas Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni, kepada wartawan, Jum’at malam (23/0/10/2020), sekira pukul 21.12 WIB.

Mengenai sanksi, Zamroni menyerahkan semuanya ke KASN untuk ditindaklanjuti, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Jadi, setelah dilakukan rapat pleno pimpinan Bawaslu Lingga, maka kita teruskan kasus ini ke KASN. Kita percayakan sepenuhnya kepada Komisi ASN di Jakarta, untuk pemberian sanksinya. Apakah nantinya pelanggaran itu termasuk kategori ringan, sedang atau berat, akan disampaikan KASN ke Pemkab Lingga untuk ditindaklanjuti,” terangnya.

Zamroni menegaskan, bahwa Bawaslu merupakan lembaga independen dan tidak ingin lembaganya diintervensi oleh siapapun atau lembaga manapun, terkait dengan tugas-tugas lembaganya. Sebab tugas dan kewenangan Bawaslu, telah diatur dalam Undang – undang.

“Pelaku yang diduga melakukan pelanggaran terhadap netralitas ASN yang telah diteruskan oleh Bawaslu Kabupaten Lingga ke  KASN ialah “S”, oknum Camat Katang Bidare, “pungkas Zamroni.

 

(R/Zul)