Dukung Destinasi Super Prioritas, Kapoldasu Resmikan Markas Polisi Pariwisata

0
3
Gubernur Sumatera Utara hadiri peresmian Markas Polisi Pariwisata Kawasan Danau Toba.
Dijual Rumah

Toba, buktipers.com -Dalam rangka memberikan dan menjamin rasa aman bagi daerah destinasi super prioritas Pariwisata Kawasan Danau Toba, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) meresmikan Markas Polisi Pariwisata, Senin (12/4/2021).

Peresmian Markas Polisi Pariwisata Kawasan Danau Toba ( Pengamanan Objek Vital ) yang berlokasi di Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba ini, ditandai dengan pengguntingan vita oleh Kapoldasu, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Kapolda didampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa keberadaan unit markas Polisi Pariwisata ini dalam rangka mendukung program pemerintah yang telah menetapkan lima destinasi super prioritas pariwisata, dan salah satunya Kawasan Danau Danau Toba.

“Untuk mendukung program tersebut, sesusai dengan program Kapolri, maka wajib memberikan jaminan keamanan dan memberikan rasa aman bagi pengunjung Kawasan Danau Toba, dasar inilah Markas Polisi Pariwisata Kawasan Danau Toba hadir ditengah tengah Danau Toba,”ujar Kapolda.

Panca Simanjuntak juga menyampaikan, keberadaan Markas Polisi Pariwisata ini muda- mudahan kedepan dapat melayani dan memberikan jaminan rasa keamanan, sebab unit Pos ini ditempatkan personil dan petugasnya terdiri dari udara dan perairan, sedangkan alat pendukung beroperasinya tugas tugas unit Pos Polisi Pariwisata sudah disiapkan sesuai kebutuhan.

“Markas Polisi Pariwisata Kawasan Danau ini bukan hanya melayani di seputaran Ajibata saja, akan tetapi akan melayani seluruh Kawasan Danau Toba, sesuai kesepakatan dengan seluruh Bupati dan semuanya sepakat mendukung bahwa keberadaan Unit Markas Polisi Pariwisata akan mengontrol pengamanan seluruh kawasan Danau Toba,”ungkap  Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kapoldasu yang telah menunjukkan eksentensinya dalam mendukung program pemerintah dan mewujudkan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas, dengan membangun unit Pos Polisi Pariwisata, sebagai jaminan keamanan.

“Jaminan keamanan merupakan penentu utama dalam kemajuan destinasi pariwisata, karena rasa aman itu kuncinya, jadi saya mendukung langkah Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak agar pelayanan kepada masyarakat dan wisatawan semakin nyata,”ujar Edy Rahmayadi.

Gubernur juga mengatakan, kehadiran Markas Komando Polisi Pariwisata diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat yang datang ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ( KSPN ) Karna Danau Toba milik kita semua.

“Kita juga harus bersyukur dengan keberadaan Danau Toba yang menyimpan sejumlah pesona alam yang cukup indah dan Danau Toba ini milik kita bersama dan harus kita jaga bersama,” katanya.

Sementara, Dir Pamobvit Kombes Pol Ferdinan Pasaribu mengatakan, Markas Komando Polisi Pariwisata untuk sementara ini masih berkekuatan 12 personil, ke 12 personil yang bertugas dilengkapi dengan perlengkapan sarana dan prasarana yang memadai, seperti kendraan roda 4 dan roda dua dan lain-lain.

“Dengan perlengkapan sarana dan prasarana yang memadai, 12 personil yang bertugas di Markas Komando Polisi Pariwisata diharapkan dapat menjalankan tugas dengan maksimal untuk memberi rasa aman, nyaman dan kondusif bagi para pengunjung wisatawan dikawsan Danau Toba,”sebut Kombes Pol Ferdinan Pasaribu.

Turut Hadir dalam Peresmian Markas Polisi Pariwisata Kawasan Danau Toba, Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito, Waka Polda Sumut, Brigjen. Pol. Dr. H.Dadang Hartanto, S.H, S.I.K, Danlantamal diwakilkan Letkol Laut ( PM ) Desi Arnaz,  M.Tr, Dir Krimsus, Kombes Pol Jhon Carles Nababan, S.I.K, M.H, Dir Pol Airud Kombes Pol Dadan.SH.MH. Selain itu, Tampak hadir, Bupati Simalungun, JR Saragih, Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Wakil Bupati Humbang Hasundutan Oloan P Nababan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi, Dr Ria Nofida Telaumbanua MKes, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, SH.MM, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Muhammad Saleh, Kapolres Dairi yang baru yakni AKBP. Ferio Sano Ginting, S.I.K, MH, dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono.

 

(rel)