Beranda Pendidikan Edy Rahmayadi Naikkan Upah Guru Honor 125% di Sumatera Utara

Edy Rahmayadi Naikkan Upah Guru Honor 125% di Sumatera Utara

95
0
Edy Rahmayadi saat memberikan keterangan pada wartawan. Foto: Rahmat Utomo /kumparan
Loading...

Buktipers.com – Medan (Sumut)

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi telah menetapkan kenaiakan gaji guru honorer di Sumatera Utara. Dia mengatakan, setiap per jamnya, guru honorer di Sumut mendapat upah Rp 90 ribu.

Angka itu meningkat 125 persen dari jumlah sebelumya yang hanya Rp 40 ribu per jam. Sementara itu, DPRD Sumut, sebelumya hanya mengusulkan kenaikan gaji guru honorer Rp 60 ribu untuk setiap jamnya.

Edy membacakan itu, pada hasil penetapan rapat paripurna DPRD Sumut mengenai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2018-2023, Senin (25/2), di gedung DPRD Sumut.

“Itu sudah saya hitung, makanya saya berani menetapkan angka itu, bahkan saya mau kalau bisa Rp 100.000 per jam, tapi kita syukuri ini bisa naik dari saat ini guru-guru honor hanya menerima Rp 40.000 per jam, tahun ajaran baru nanti kebijakan ini akan saya berlakukan,” kata Edy, Senin (25/2) di lokasi.

Baca Juga!  Polisi Amankan Dua Lokasi Diduga Tempat Teroris di Sibolga

Untuk peningkatan kualitas dan keterjangkauan pendidikan, Edy memasang target 10,5 tahun angka rata-rata lama sekolah yang mendapatkan bantuan bersubsidi (wajib belajar 10,5 tahun).

“Sebenarnya bila mengacu pada perintah undang-undang harusnya sampai 12 tahun, tapi saat ini uang kita belum cukup, kalau dihitung-hitung bisa Rp 300 miliar – Rp 400 miliar per tahun untuk kita mensubsidi sekolah,” jelasnya.

Dalam penyampaiannya , Edy juga mengatakan, bahwa akan terus berupaya melakukan pemerataan pendidikan di daerah-daerah, salah satunya dengan program ‘Guru Terbang’ untuk pemenuhan kebutuhan guru di wilayah terpencil.

“Nanti guru-guru yang sudah PNS ataupun honor akan kita jadwalkan untuk mengajar ke daerah tertinggal, sebagai imbalannya akan kita berikan insentif,” tutup Edy.

Baca Juga!  Edy Rahmayadi Mundur dari Ketua Umum PSSI, Ini Permintaannya

Sumber : kumparan.com

Loading...