Beranda Lintas Provinsi Empat Sekolah di OKI jadi Pilot Project Kurikulum Kemaritiman  

Empat Sekolah di OKI jadi Pilot Project Kurikulum Kemaritiman  

260
0
Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan OKI, Dedi Rusdianto.(foto/firman)

Buktipers.com – Kayuagung (Sumsel)

Empat sekolah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dipilih sebagai pilot project penerapan kurikulum kemaritiman yang akan dimasukkan dalam rencana pembelajaran semester dua.

Secara umum kurikulum kemaritiman ini tujuannya untuk mengembangkan sikap, pengetahuan dan ketrampilan peserta didik tentang kemaritiman menuju kejayaan Indonesia, sebagai bangsa dan negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasis kepentingan nasional.

Dan secara  khusus memiliki sikap cinta tanah air dan berjiwa bela negara, dengan karakter maritim yaitu tangguh, berpikir kritis berjiwa pemimpin, bertanggungjawab dan adaptif, memahami dan menerapkan ilmu pengetahuan dan tehnologi, serta wawasan kemaritim dalam pemanfaatan dan pengelola potensi kemaritiman secara berkelanjutan, serta memahami sejarah maritim dan melestarikan budaya maritim Indonesia.

Baca Juga!  Siswa SD Jalani USBN Mulai Hari Ini

Kadis Pendidikan OKI H.Masherdata Musa’i melalui Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan OKI, Dedi Rusdianto mengatakan, untuk penerapanya  pada  Paud/TK, dalam pembelanjarannya siswa akan lebih mengenal pantai laut sekitarnya, menggambar pantai, laut dan ikan.

Sedangkan untuk siswa SD dan SMP, selain menggambar pantai anak didik akan lebih intens intens diajak lebih mengenal pantai.

“Ada perubahan paradigma, dan kurikulum kemaritiman akan masuk di RPP (rencana pembelajaran), serta diterapkan di ekstra kurikuler,”  jelas Dedi, Rabu (14/11/2018).

Untuk sementara pihaknya kata dia, menerapkan kurikulum kemaritiman di empat sekolah sebagai pilot projek dan nanti jangkaun lebih luasnya akan diterapkan ke sekolah yang lain.

“Bulan Desember ini bisa dimasukkan di  ekstrakurikuler. Di TK Pembina, SDN 14, SMPN 1 Kayuagung dan SMAN 3 Kayuang sebagai pilot projek,” tegas Dedi.

Baca Juga!  Gempa di Solok Selatan Sumbar, 48 Orang Terluka

Di tempat terpisah, Kepala Sekolah SD Negeri 14 Kayuagung, Maryamah mengapresiasi terkait dipilihnya SDN 1 Kayuagung sebagai pilot projek kurikulum kemaritiman di Kabupaten OKI.

“Kita apresiasi dan akan kita laksanakan sebaik-baiknya. Namun pelaksanaan baru akan berjalan di semester dua tahun pelajaran 2018/2019, atau tepatnya di bulan Januari 2019, pada saat masuk ekstrakurikuler,”  katanya mengakhiri.(firman)

 

Editor : Maris

Loading...