Erick Thohir Diangkat Jadi Marga Sidabutar saat Sambangi Pulau Samosir

0
3
Menteri BUMN Erick Thohir kini resmi jadi marga Sidabutar. TRIBUN MEDAN/HO
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kini resmi menjadi bagian dari suku Batak.

Erick Thohir kini menyandang marga Sidabutar yang diresmikan langsung oleh Raja Sidabutar saat dirinya berkunjung ke Pulau Samosir.

Upacara adat Batak pemberian marga kepada Erick Thohir berlangsung khidmat.

Erick Thohir diketahui lahir dari keturunan darah Lampung, namun hal itu tak mengahalanginya untuk menjadi bagian suku Batak.

Momen pemberian marga itu dibagikan oleh Erick Thohir melalui sebuah unggahan di akun Instagram miliknya @erickthohir pada Sabtu (26/11/22).

Dalam unggahan tersebut tampak sosok Erick Thohir yang tengah melalukan upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Upacara pemberian marga menteri BUMN tersebut merupakan rangkaian dari acara Tao Toba Heritage Fest yang digelar untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba yang saat itu tengah dihadirinya.

Erick Thohir diberikan marga Sidabutar oleh sang Raja Sidabutar.

Hal itu membuatnya kini termasuk dalam keturunan ke 10 dari Raja Sidabutar.

Dalam upacara pemberian marga itu Raja Sidabutar menyerahkan tongkat pemimpin kepada Erick Thohir di depan tokoh-tokoh adat Batak dan masyarakat sekitar.

Saat itu Erick Thohir tampil apik dengan ulos yang membalut tubuhnya.

Usai sah memiliki marga, bersama para tokoh adat batak dan masyarakat yang hadir Erick Thohir tampak menarikan tarian khas Batak yaitu tari tortor.

Erick Thohir pun mengungkapkan rasa bahagianya yang kini dapat menjadi bagian dari orang Batak.

“Saya merasa bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak. Bangsa yang terkenal kaya akan budaya, memiliki banyak tradisi bersejarah, semangat kekeluargaan, dan pekerja keras,” tulis Erick Thohir.

“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” lanjutnya.

Setelah itu Erick Thohir juga tak lupa untuk memberikan penghormatan kepada tokoh adat Batak atas pemberian marganya itu.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai Keluarga. HORAS!” tutup Erick Thohir.

Unggahan Menteri BUMN kabinet Joko Widodo itu pun menuai beragam komentar dari warganet yang menyambutnya hangat sebagai bagian dari suku Batak.

“Horaaass Ito Erick Thohir Sidabutar, mantaapp,” tulis @merryes.

“Selamat Itoku Erick Thohir Sidabutar, semoga selalu diberkati Tuhan menjadi putra terbaik bangsa Indonesia dan berbakti buat masyarakat Indonesia. Sehat selalu pak Menteri,” tulis @simatupang_shinta.

“Erick Thohir Sidabutar…. mantap. Semoga semakin mengenali budaya dan jiwa orang Batak. Sukses selalu lae dalam berkarya untuk nusa dan bangsa. Tuhan Memberkati,” tulis @sunardi_dragon07.177.

 

Sumber : tribunnews.com