Fakta-fakta Menarik Zulhas Didemo Pedagang Sehabis Blusukan ke Pasar

0
2
Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan didatangi pendemo dari Pusat Koperasi Pedagang Pasar (Puskopas) DkI Jakarta Aksi ini berlangsung di depan gedung Kementerian Perdagangan di Gambir, Jakarta Pusat.

Massa aksi demo mulai berdatangan pada siang hari. Mereka menyampaikan beberapa keluhan terkait tingginya harga bahan pokok di banyak pasar di Jakarta.

Dalam aksi demonstrasi itu terdapat beberapa fakta menarik. Berikut tim detikcom rangkumkan fakta-fakta unik Zulhas yang didemo pedagang sehabis blusukan.

Berlangsung Setelah Zulhas Blusukan di Pasar Klender

Kedatangan pedagang hanya berselang beberapa jam setelah Zulhas blusukan di Pasar Klender SS, Jakarta Timur. Zulhas blusukan pada Rabu pagi untuk memeriksa ketersediaan minyak goreng curah.

Dalam blusukannya kali ini, Zulhas menemukan jika stok minyak goreng curah sudah memenuhi ketercukupan. Harganya pun sesuai dengan HET, yaitu Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram.

Pedagang Keluhkan Tingginya Harga Bahan Pokok

Sejumlah pedagang pasar mengeluhkan tingginya harga bahan pokok untuk beberapa komoditas. Misalnya, bawang, cabai, minyak goreng, dan lain sebagainya. Keluhan tersebut mereka tuliskan di dalam poster-poster yang dibentangkan.

Selain itu, pedagang mengaku jika harga minyak goreng curah belum sepenuhnya stabil. Mereka pun berharap Zulhas bisa segera mengatasinya. Pedagang turut mengeluhkan aturan penggunaan KTP sebagai syarat pembelian migor curah.

Zulhas Temui Pendemo

Dalam aksi tersebut, massa menuntut agar bisa bertemu dengan Menteri Perdagangan. Permintaan ini dituruti Zulhas yang langsung menemui mereka.

Datangnya Zulhas ke tengah-tengah aksi ini disambut riuh tepuk tangan pendemo. Zulhas pun terlihat menyalami beberapa orang yang sebagian adalah emak-emak.

“Walaupun panas, seneng nggak ketemu Menteri Perdagangan? Ini mah Menteri temennya ibu-ibu ini,” ujar Zulhas di hadapan pendemo, Rabu (22/6/2022).

Janji Turunkan Harga Migor Curah dalam Dua Minggu

Zulhas berjanji akan menyelesaikan persoalan minyak goreng curah dalam waktu dua minggu. Ia mempersilahkan pendemo untuk datang lagi ke kantornya jika harga migor curah masih mahal.

“Insya Allah dua minggu ini stabil. Dua minggu ya, nanti kalo dua minggu harganya Rp 18 ribu datang lagi ke mari,” katanya. Pendemo berharap apa yang disampaikan Mendag dapat terealisasi.

Zulhas Ajak Pendemo Makan di Rumahnya

Pada kesempatan itu, Zulhas mengajak pendemo untuk makan bersama di rumahnya. Ia meminta perwakilan dari pengurus pasar untuk datang ke rumahnya.

“Mau nggak saya undang makan ke rumah saya nanti? Bapak atur ya. Jadi gini, masa panas-panas,” ujar Zulhas. Massa aksi menyambut baik tawaran yang disampaikan Menteri Perdagangan. Sedangkan Zulhas mengaku dirinya senang disambangi para pendemo.

 

Saumber : detik.com