Beranda Siantar Fatimah Diberhentikan 11 Tahun Lalu? Tapi Masih Menjabat Hingga 2018, Zainal Siahaan:...

Fatimah Diberhentikan 11 Tahun Lalu? Tapi Masih Menjabat Hingga 2018, Zainal Siahaan: Tanya Bagian Hukum

133
0
Fatimah Siregar.(foto/BP)
Loading...

Buktipers.com – Pematangsiantar (Sumut)

Pemecatan 6 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Pematangsiantar yang terlibat kasus korupsi, satu kasus diantaranya bisa jadi berpotensi menuai permasalahan hukum baru.

Hal ini terkuak setelah membaca isi Surat Keputusan (SK) Walikota Pematangsiantar No.888/1197/XII/WK-Thn 2018 tertanggal 14 Desember 2018 yang diperoleh Buktipers.com saat mengkonfirmasi Fatimah Siregar di kediamannya, Sabtu (12/1/2019).

Surat keputusan itu ditandatangani Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah, isinya ada menyebutkan, bahwa Fatimah Siregar diberhentikan dengan tidak hormat terhitung tanggal 28 Pebruari 2007 (11 tahun lalu, red), penetapan pemberhentiannya dikeluarkan tanggal 14 Desember 2018.

Sebelum akhirnya diberhentikan dengan tidak hormat, hingga menjelang akhir tahun 2018 Fatimah Siregar masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kota Pematangsiantar.

“Surat keputusan pemberhentian saya, saya terima tanggal 26 Desember 2018, diantar staf BKD ke rumah,” ujar Fatimah Siregar.

Baca Juga!  Panitia Tak Miliki Ijin, Judika Gagal Manggung di Siantar

Kepala BKD Kota Pematangsiantar, Zainal Siahaan saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA) terkait pemberhentian Fatimah Siregar sebagai ASN, malah menyarankan Buktipers.com untuk menanyakannya ke Bagian Hukum.

Berikut ini wawancara Buktipers.com dengan Kepala BKD Pematangsiantar, Zainal Siahaan melalui WA:

[18:33, 1/12/2019] Buktipers: Assalamualaikum…Selamat sore pak Kepala BKD Siantar. Sy wartawan Buktipers.com di Siantar.

Konfirmasi bang, pemberhentian Fatimah Siregar tertulis terhitung tgl 28 Pebruari 2007 dan penetapannya tertanggal 14 Desember 2018, artinya Fatimah sudah diberhentikan sejak 11 tahun lalu.

Apa benar seperti itu SK Pemberhentian Dengan Tidak Hormat atas diri Fatimah Siregar bang?

Kalau memang benar seperti yg tertulis di SK tersebut, berarti Fathimah Siregar sejak tgl 28 Pebruari 2007 sudah tidak PNS atau ASN lagi.

Tapi kenapa yg bukan ASN masih bisa  menjabat di instansi Pemko Siantar hingga akhir 2018?

Balas ya bang, agar saya tidak salah dalam mengartikan SK pemberhentian tersebut…Wassalam…

[19:54, 1/12/2019] Zainal Siahaan Ka.BKD Siantar: Dikonfirmasi ke bagian hukum dulu ya bang…

[20:03, 1/12/2019] Buktipers: Kenapa ke bagian hukum bang? Tadi pak Sekda mengarahkan sy utk konfirmasi ke abang selaku Ka.BKD…

[20:12, 1/12/2019] Zainal Siahaan Ka.BKD Siantar: Karena SK nya dr bagian hukum

[20:45, 1/12/2019] Buktipers: Mau tanya lagi bang, dalam kasus Fatimah dulu ada empat orang terdakwanya yg putusannya sudah inkrah.  Satu kepala daerah dan tiga PNS termasuk Fatimah, tapi kenapa PNS yg dua orang lagi tidak ikut diberhentikan dengan tidak hormat, dan satu lagi diantara PNS itu sekarang masih aktif bertugas di Pemko Pematangsiantar…

Pertanyaan terakhir ini hingga berita ditayangkan, tidak juga dijawab oleh Kepala BKD Pematangsiantar, Zainal Siahaan.

Baca Juga!  Walikota Siantar Harapkan Kritik Draf Ranperda Kepariwisataan

Sebelumnya, Sekda Kota Pematangsiantar, Budi Utari Siregar saat ditanya pertanyaan yang sama melalui WA terkait tanggal pemberhentian Fatimah Siregar terhitung tanggal 28 Pebruari 2007, hanya mengatakan; “Iya” kemudian menyarankan agar ditanyakan ke BKD saja.

Menanggapi upaya hukum yang mungkin dilakukan Fatimah? Mantan Kadis Pariwisata itu mengatakan, bersama teman-teman senasib sedang melakukan upaya Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi (MK), karena dia mempertanyakan mengenai boleh tidaknya peraturan dan perundang-undangan dibelakukan surut atau berlaku mundur.

Selain itu Fatimah juga mempertanyakan, apakah boleh seorang warga negara menerima hukuman sampai dua kali atas kasus yang sama?.

Hingga berita ini diterbitkan, Bagian Hukum Pemko Pematangsiantar belum bisa dikonfirmasi.(maris)

Baca Juga!  Hasil Forensik RSU Djasamen Saragih, Kelamin Devi dalam Keadaan Basah  

 

 

 

 

Loading...