Beranda Parawisata Festival Bunga dan Buah Sedot Perhatian Masyarakat Karo

Festival Bunga dan Buah Sedot Perhatian Masyarakat Karo

43
0
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo merasa optimis penyelenggaraan Festival Bunga dan Buah 2019, dapat menyedot wisatawan.
Loading...

Buktipers.com -Tanah Karo (Sumut)

Festival Bunga dan Buah Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, memicu gairah rohnya Tanah Karo dalam menggaet wisatawan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo merasa optimis penyelenggaraan Festival Bunga dan Buah 2019, dapat menyedot wisatawan hampir dua kali lipat dari event yang sama sebelumnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Karo, Mulia Barus menjelaskan, festival seperti ini terakhir kali digelar pada 2017 dengan jumlah pengunjung tercatat sebanyak 60.000 orang.

“Tahun ini memang kami targetkan jauh lebih banyak, paling tidak sampai 100 ribu orang,” jelasnya saat acara Festival Bunga dan Buah di Berastagi.

Menurutnya, target jumlah pengunjung akan mampu dipenuhi Pemkab Karo. Tahun lalu, festival ini tidak dilaksanakan karena ketiadaan alokasi anggaran.

Namun pada tahun 2019, APBD Pemkab Karo mengalokasikan dana lebih dari Rp642 juta untuk membiayai kegiatan tersebut.

Baca Juga!  Teror Bom Siantar, Ternyata Isi Tas 'Awas Ada Bom’ Berisi Pot Bunga Hitam Berisi Tanah

Dikatakannya, festival ini dikemas dengan memamerkan keunggulan Kabupaten Karo, yaitu berbagai komoditas bunga, buah dan sayur. Kemudian disinergikan dengan kegiatan lain seperti karnaval pakaian adat dan mobil hias. Semuanya menggunakan hiasan bunga-bunga dari Kabupaten Karo.

Menurut dia, festival ini digelar untuk mempromosikan potensi dan keunggulan Kabupaten Karo serta salah satu upaya mendongkrak ekonomi masyarakat dan kunjungan wisata ke Tanah Karo.

Pada tahun 2018 lalu , Dispar Karo telah mencatat jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 800 ribu orang. Dan dengan penyelenggaraan event-event seperti ini, dia optimistis jumlah itu akan meningkat.

“Kurang tahu persis sejak kapan event ini digelar setiap tahun, tetapi yang pasti sudah lebih dari 20 kali. Sebelumnya, kegiatan ini bernama Pesta Bunga dan Buah,” ujarnya.

Festival Bunga dan Buah Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Mulia juga membeberkan kalau kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan atas hasil pertanian yang melimpah.

Baca Juga!  Penyambutan Kunker Jokowi ke Sibolga, Ini Kata Camat Pinangsori

Dan seiring perjalanan waktu, banyak dilakukan kreasi dan inovasi dalam event tersebut, termasuk mengubah namanya menjadi Festival Bunga dan Buah.

Pada penyelenggaraan tahun ini pun diadakan setidaknya dua hal baru yakni pendirian stand Kampung Buah dan stand Kampung Kopi.

Dia menuturkan Festival Bunga dan Buah ini juga menjadi satu dari dua event dari Tanah Karo yang masuk dalam kalender wisata nasional tahun 2019. Satu event lainnya adalah Tour de Sinabung yang akan digelar pada September. Pemkab Karo sendiri menginginkan dimasukkannya lagi dua event di daerahnya ke dalam kalender nasional, yakni Pesta Mejuah-Mejuah dan Festival Kopi. “Saat ini, keduanya sudah menjadi event tahunan Kabupaten Karo,” ungkapnya.

Festival yang digelar pada 5-7 Juli 2019 ini dimeriahkan oleh 40 partisipan pameran dan 35 mobil hias peserta karnaval, baik dari dalam maupun luar Sumut. Ditambah lagi 15 jenis perlombaan, kegiatan sepeda santai serta camping ground di Bukit Gundaling.

Baca Juga!  Hari Santri Nasional di Siantar, Haji Hefriansyah: Para Santri Harus Jadi Pioner Perdamaian  

Salah satu pengunjung lokal yang hadir pada Minggu (7/7/2019), bersama sanak keluarganya di lokasi perayaan Erni Ginting (33) mengatakan, kalau daerah mereka memang terkenal dengan buah dan bunga.

“Dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyakat di Tanah Karo terutama kita yang di Berestagi,” ucap Erni.

Dia juga menceritakan kalau untuk masuk ke lokasi perayaan mereka harus antri dan bersesak desakan di pintu masuk akses ke perayaan.

“Walau tadi antrinya sangat panjang dan rame, juga desak desakan namun kita berhasil tiba di sini,”tuturnya mendampingi sibuah hatinya, hadir di lokasi.

(Ril/Job Purba)

Loading...