Fokus Infrastruktur, ‘DD’ Danau Pandan 2019 Capai 1,3 Miliyar

0
296
Nobuala Zeliwu, Kepala Desa Danau Pandan, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapteng. (Job Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Sesuai dengan program Pemerintah Pusat lewat program membangun dari desa melalui Kementerian Desa, kini desa – desa sudah mulai berbenah dan beranjak dari ketertinggalan.

Banyak desa yang selama ini tidak bisa diakses dengan kendaraan. Namun sesudah kucuran Dana Desa (DD), desa yang tadinya terisolir kini sudah mudah diakses.

Pada tahun ini, bukan hanya Pemerintah Pusat yang fokus pada infrastruktur, namun  kabupaten juga fokus untuk membangun infrastruktur hingga ke wilayah pedalaman.

Seperti halnya Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bahktiar Ahmad Sibarani  juga meminta para pemerintah desa untuk fokus membangun infrastruktur, di wilayahnya masing-masing dengan memanfaatkan DD.

Bahktiar menyatakan, saat ini pembangunan di banyak desa tidak lagi terkendala status kawasan, sehingga pemerintah desa sudah mulai bisa memfokuskan pembangunan bidang infrastrtuktur.

Desa Danau Pandan, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapteng. (Foto/Job Purba)

Terutama untuk jalan dan jembatan yang ada di desa, sehingga tidak ada lagi jalan desa yang rusak dan becek.

“Pemerintah desa melakukan perbaikan jalan desa dan antar desa. Sementara kabupaten melakukan perbaikan jalan antar kecamatan, dan saat ini pihak provinsi juga melakukan perbaikan jalan provinsi, antar kabupaten. Terutama di wilayah barat kabupaten ,” ujar Bahktiar, beberapa waktu lalu.

Dengan peningkatan pembangunan infrastruktur di perdesaan, maka keinginan pemerintah pusat untuk membangun kawasan Indonesia dari daerah pedalaman benar-benar terwujud. Maka instansi terkait juga diminta untuk mengawasi dan mengarahkan pembangunan di desa, agar tak ada lagi pemerintahan desa yang tidak bekerja.

“Dana Desa yang diberikan pemerintah pusat kami manfaatkan untuk pembangunan fisik di desa, terutama jalan dan jembatan, seperti hal ini di dusun ini,” ujar Nobuala Zeliwu, Kepala Desa Danau Pandan, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapteng, saat dikunjungi pada Selasa (11/6/2019), lalu.

Dia juga mengatakan untuk tahun 2019 ini, dana desa yang mereka terima sebesar Rp1,3 miliyar lebih difokuskan pada infrastruktur yakni rabat beton. Disamping pembuatan lampu jalan tenaga surya dan peningkatan pemberdayaan masyarakat desa.

“Untuk tahun 2019 ini. Kita mendapat kucuran dana desa sebesar 1,3 miliar lebih yang kita fokuskan pembuatan rabat beton,” ujar Kades muda ini.

 

(Job Purba)