Forkopimda Kabupaten Simalungun Tanam Ribuan Pohon demi Kelestarian Kawasan Danau Toba

0
188
Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu, bersama Bupati Simalungun, Dr. Jopinus Ramli Saragih SH MH dan Dandenpom I/BB Pematangsiantar, Letkol CPM Muhammad Choirun dan anggota DPRD Kabupaten Simalungun, Maraden Sinaga, menanam 10000 pohon, di Desa Bangun Dolok, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (15/10/2019).
Dijual Rumah

Simalungun, buktipers.com – Mendukung program mantan Kopolsek Parapat, yang kini menjabat Kapolda Sumatera Utara (Kapodasu), Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH, untuk menaman 1 juta pohon di kawasan Danau Toba, Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu, bersama Bupati Simalungun, Dr. Jopinus Ramli Saragih SH MH dan Dandenpom I/BB Pematangsiantar, Letkol CPM Muhammad Choirun dan anggota DPRD Kabupaten Simalungun, Maraden Sinaga, menanam 10000 pohon, di Desa Bangun Dolok, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (15/10/2019).

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu menjelaskan, bahwa penanaman pohon ini perlu digalakkan kembali, serta sekaligus dibudayakan, mengingat fungsinya sangat penting. Sehingga nantinya dapat melindungi, agar tidak terjadi lagi longsor dan keseimbangan iklim dapat terjaga, katanya.

“Isu terkini yang menjadi perhatian dunia adalah perubahan iklim disertai pemanasan global, dan kebakaran hutan pada musim kemarau, sehingga tak jarang menimbulkan banyak penyakit. Untuk itu, marilah kita mengatasinya dengan menanam pohon seperti yang kita lakukan hari ini. Namun idealnya, tetap diperhatikan perawatannya. Karena kalau hanya menanam, itu mudah, namun merawatnya perlu perhatian,”kata Kapolres.

Sementara itu, Bupati Simalungun, Jopinus Ramli Saragih menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Simalungun, memberikan apresiasi kepada Kapolda Sumatera Utara dan yang terutama Kapolres Simalungun.

“Kebetulan, pohon yang kita akan tanam ini bukan sembarangan pohon, tapi pohon yang bermanfaat bagi masyarakat. Contohnya ada pohon kemiri, ada mangga, ada pohon jengkol, alpokat, dan pohon durian. Pohon yang kita ditanami hari ini, pohon yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. Kita minta masyarakat untuk menjaga dan merawat pohon yang kita tanami hari ini dan rasa memiliki, sehingga danau yang kita cintai ini, bisa dicintai kembali untuk anak cucu,”ungkapnya.

Mari lah kita jaga bersama – sama, pohon ini adalah milik kita bersama, bukan milik Bapak Kapolda, dan ini dicanangkan oleh Bapak Kapolda dan menyambut program pemerintah pusat, yaitu Bapak Presiden Jokowi yang sangat mencintai Danau Toba ini, ucap Bupati Simalungun.

(Stg)