Forkopimda Labuhanbatu Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19

0
5
Foto bersama disela - sela rapat koordinasi.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Melibatkan seluruh intansi Pemerintahan, OKP, Ormas, Toga, Tomas,  dan masyarakat, Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu menggelar rapat koordinasi pelaksanaan percepatan Vaksinasi Covid-19, di Aula Asrama Haji, jalan SM.Raja Rantauprapat, Kelurahan Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan, Rabu (9/3/2022).

Bupati Labuhanbatu, dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, menghimbau seluruh intansi terkait terhusus pemerintahan untuk mengambil sikap tegas terhadap masyarakat Labuhanbatu yang enggan menerima vaksin,  mengingat capaian vaksinasi di Labuhanbatu masih sangat rendah.

Misalkan untuk di pusat pelayanan dan desa, sekarang lagi musim bantuan pemerintah untuk masyarakat, tegaskan ke masyarakat bahwa salahsatu syarat untuk menerima bantuan tersebut adalah serifikat vaksin.ujar Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada yang hadir untuk membawa keluarganya ke pos-pos yang dijadikan sebagai tempat vaksinasi, seperti di Makodim, Mapolres, dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Labuhanbatu,

Ditegaskan Bupati, Kepala Desa adalah pemimpin di desa, arahkan masyarakat untuk mendukung percepatan Vaksinasi Covid-19, dan sampaikan kemasyarakat akan pentingnya mengikuti vaksinasi. Ini untuk kepentingan dan kemaslahatan kita bersama, tegasnya.

Dan untuk Dinas Pendidikan, Bupati Erik memerintahkan agar Kadisdik mengeluarkan himbauan kepada orang tua wali murid, kiranya anak yang tidak mau divaksin, dilarang melakukan belajar secara tatap muka di sekolah. Terapkan belajar daring, jangan tatap muka untuk anak yang belum divaksin, ujar Bupati.

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Labuhanbatu, Edi Syahmir Hasibuan, S.IP, melaporkan, kasus Covid-19 tahun 2021 di Labuhanbatu terkonfirmasi 200 orang, sembuh 1.905 orang, meninggal 81 orang dari 2.186 orang komulatif. Khusus Januari sampai sekarang, konfirmasi aktif 200 orang, sembuh 208 orang, meninggal 9 orang dari 417 orang komulatif.

Untuk itu, ujar Kaban BPBD ini, Kabupaten Labuhanbatu mempunyai sasaran vaksinasi umum sebanyak 276.476 orang, sementara untuk yang sudah divaksin dosis satu sudah 330.273 orang atau setara 87,73%, dosis kedua 212.703 orang setara 56,50%, dan dosis ketiga baru 12.471 orang setara 3,31%. Sedangkan untuk lansia memiliki sasaran 29.345 orang dengan dosis ke satu sebanyak 19.922 orang setara 67,89% dan dosis kedua 211.288 orang atau setara 37,86%.

Sedangkan Sekdakab Labuhanbatu, Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, mengajak seluruh yang hadir setelah keluar dari rapat koordinasi ini, untuk komitmen melaksanakan aksi percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Mengingat Kabupaten labuhanbatu tertinggal dari kabupaten tetangga yakni Labura dan Labusel untuk capaian vaksinasi dosis ke-2, ke-3 lansia dan anak-anak.

Dikesempatan itu, Dandim 0209/Lb, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap SE, MTr (Han) menjelaskan, secara SOP, TNI dan Polri membantu pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19. “Marilah kita lakukan kordinasi yang baik untuk kesehatan masyarakat kita,”ujarnya.

Untuk Perusahaan, BUMN, BUMD dan PTPN, Dandim menegaskan, meskipun  berkantornya terletak dipusat, marilah kita lakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk kebaikan kita bersama.

Buatlah kebijakan di intansi anda agar seluruh karyawan di perkebunan dan kantor saudara mendukung program kesehatan ini, ucap Dandim.

Kemudian, Kasat Intel Polres Labuhanbatu, AKP Sunarto, menyatakan siap berkolaborasi mendukung pemerintah daerah untuk capaian vaksinasi. “Kami siap berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk capaian percepatan Vaksinasi Covid-19,”ujarnya.

Mewakili Kajari Labuhanbatu, Humas Kejari Labuhanbatu, Yuliana De Vari menyampaikan, perlunya seluruh intansi untuk terus melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi.

Diakhir rapat, Direktur RSUD Rantauprapat, dr. Syafril M. Harahap, S.Pb, mengatakan, saat ini RSUD memberlakukan wajib menunjukkan sertifikat vaksin bagi para pengunjung.

 

(Syafii Harahap)