Beranda Pendidikan Fransisko Sitanggang, Anak Petani dari Samosir Wakili Sumut Olimpiade Sains Nasional

Fransisko Sitanggang, Anak Petani dari Samosir Wakili Sumut Olimpiade Sains Nasional

40
0
Fransisko Sitanggang, akan mengikuti Olimpiade Sains tingkat Nasional mata pelajaran IPS, yang akan berlangsung pada Juni 2019 di Yogyakarta. Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Loading...

Buktipers.com – Samosir (Sumut)

Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir berhasil mengirimkan satu putra terbaiknya mengikuti Olimpiade Sains tingkat Nasional mata pelajaran IPS, yang akan berlangsung pada bulan Juni 2019 di Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Rikardo Hutajulu mengatakan siswa tersebut bernama Fransisko Sitanggang, siswa asal SMPN 1 Palipi Kabupaten Samosir yang memang pantas diutus sebagai perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

“Syukur, kita memiliki putra terbaik di antara yang baik mengikuti olimpiade tingkat nasional,” ujanya di Samosir (7/5/2019).

Menurut Rikardo, keikutsertaan Fransisko Sitanggang bukan asal diutus.

Tentu, katanya Fransisko terlebih dahulu berhasil pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat Provinsi Sumatera Utara pada tgl 12-13 April 2019 lalu. Karenaya, anak petani tersebut berhak dan pantas diutus.

“Terlebih dahulu dia berhasil pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat Provinsi Sumatera Utara yang diikuti seluruh Kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara dengan peserta sebanyak 99 siswa dan Fransisko Sitanggang menjadi salah satu dari 3 orang peserta utusan Provinsi Sumatera pada Pengumuman hasil OSN Sumut,” tambahnya.

Baca Juga!  Banyaknya Kritik Di Media: Ini Tanggapan Bupati Samosir

Pasuria boru Situmorang Ibu Fransisko Sitanggang, mengaku bahagia mengetahui anaknya (Fransisko Sitanggang) satu dari 3 orang mewakili provinsi Sumatera Utara (SUMUT) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan berlangsung 30 Mei – 06 Juni 2019 di Yokjakarta.

Meski terlahir sebagai anak petani, Fransisko dianggap mampu mengangkat derajat keluarga petani, dan membuktikan bahwa anak seorang petani juga bisa bersaing.

”Kami bangga sekali, anak kami Fransisko Sitanggang bisa mewakili Sumut mengikuti OSN tahun 2019 di Yokjakarta”, ungkap Pasuria boru Situmorang.

Kata ibunya yang sehari-hari bertani itu, Fransisko sejak kelas 1 SD hingga saat ini selalu rangking satu. Fransisko juga dinilau anak yang baik dan turut dengan perintah orangtuanya.

Baca Juga!  Basana Tenun Samosir Turut Meriahkan Acara Syukuran Raja Naibaho.

Diceritakannya, Fransisko juga sepulang sekolah langsung bergegas ke ladang menemani abangnya. Lalu, malam harinya tetap belajar, meski lelah di ladang siang harinya.

Uniknya, sesuai keterangan ibunya Fransisko bercita-cita menjadi seorang jurnalis.

“Kalau ditanya, Fransisko itu cita citanya mau jadi reporter,” tambahnya sambil tertawa.

Ibunya berharap, dengan keterwakilan anaknya (Fransisko Sitanggang) mewakili Provinsi Sumut pada Olimpiade Sains tingkat Nasional di Yokjakarta, agar Masyarakat mendukung dan mendoakan keberhasilanya, sehingga bisa kelak mengabdi di Samosir pada masa depan.

“Kami keluarga mohon dukungan doanya, agar anak kami menjadi juara OSN tahun ini, dan bisa membanggakan Kabupaten Samosir, khususnya membanggakan kami selaku orang tua,” ucap Pasuria Boru Situmorang ini.

Baca Juga!  3.139 Siswa SMP Di Samosir Mengikuti Ujian Nasional

Rikardo Hutajulu menyampaikan, ada sebanyak 3 utusan Sumatera Utara yaitu dari SMPN 1 Palipi Samosir, SMPS Santa Maria Tarutung Taput, dan SMPS Budi Mulia Siantar, berhak menjadi peserta OSN IPS SMP tingkat Nasional.

“Karenanya kita meminta dukungan doa masyarakat Samosir, agar Fransisko Sitanggang dapat meraih juara satu Olimpiade Sains tingkat Nasional, yang akan diikuti seluruh juara OSN dengan 136 peserta tingkat Provinsi se- Indonesia. Dalam menggapai juara di Sumatera Utara dan kedepannya ditingkat nasional,” harapnya.

Fransisko Sitanggang dibimbing Guru Pembimbing IPS di antaranya, Rusmawani Sirait, Pontauli Siringoringo, dan Kamsia Simbolon.

Sumber : tribunnews.com

Loading...