Galian C Desa Serbananti Distop, Warga: Terimakasih Pak Polisi

0
331
Galian C di Desa Serbananti yang telah diperintahkan stop oleh polisi setelah warga desa melakukan aksi protes untuk menghentikan penambangan selamanya.(foto/dok/kolaseBP)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Sergai (Sumut)

Proyek galian C milik oknum inisial SS di Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai akhirnya distop menyusul aksi proters warga dan hadirnya pihak kepolisian ke lokasi penambangan batu dan pasir tersebut, Sabtu (22/12/2018) sore.

Perintah stop itu dilakukan setelah pihak kepolisian dan sejumlah warga desa turun ke lokasi memprotes keras beroperasinya kembali galian C tersebut.

Situasi keamanan di lokasi galian C sempat memanas, dimana puluhan warga desa mendatangi lokasi penambangan dan meminta para pekerja untuk menghentikan aktifitas penambangan.

“Hasil musyawarah warga, kami turun ke lokasi menghentikan aktifitas penambangan. Kalau mereka bandal, bukan tidak mungkin kami bertindak brutal,” ucap Donit seorang warga desa dengan nada berang.

Donit juga meminta tolong pada wartawan untuk ikut ke lokasi, agar melihat bagaimana kondisi lingkungan yang sekarang sudah rusak berat akibat galian C milik SS yang sudah lama beroperasi di desa mereka.

“Tolong Wartawan ikut meliput kami, karena masyarakat akan lebih banyak lagi turun jika mereka tidak mendengarkan,”  tegas Donit.

Situasi yang mulai memanas itu dengan cepat ditanggapi Kapolsek Sipispis, Iptu Beringin Jaya, dan memerintahkan personilnya turun ke lokasi untuk mencegah terjadinya hal-hal tak diinginkan.

“Kanit Reskrim sudah turun bersama anggota lae, dan sudah jumpa dengan Kades dan Masyarakat, Kita sudah himbau kepada pengelola agar menghentikan aktifitas, dan saya sudah menelepon Camat agar mengundang dinas terkait untuk dipertemukan dengan elemen masyarakat. Kades Serbananti dan Danramil,” kata Kapolsek Sipispis menanggapi Buktipers.com, Sabtu (22/12/2018) pukul 18.00 Wib.

Kedatangan polisi ke lokasi penambangan itu disambut baik masyarakat desa yang semakin ramai berkumpul.

“Kami mengucapkan terimakasih sama Polisi, karena mereka selalu ada disaat masyarakat menyampaikan keluhan,” ujar salah seorang warga. (Irlan.S)

 

Editor : Maris