Galian C Merusak DAS, Dinas LH: Tidak Dibenarkan Jika Merugikan Alam  

0
271
Satu lokasi galian C di Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai.(foto/irlan)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Sergai (Sumut)

Walaupun memiliki izin, tapi apabila usaha galian C berdampak pada rusaknya ekosistem dan alam di sekitarnya, maka keberadaannya tidak dibenarkan, bahkan pengusahanya dapat dikenakan sanksi tegas sesuai perarutan yang berlaku.

“Setiap izin yang dikeluarkan pemerintah, tidak boleh ada pihak-pihak yang dirugikan, termasuk tidak akan ada lingkungan yang kondisinya menjadi tidak baik karena izin itu. Kalau ada aturan yang dilanggar, ada sanksinya,” kata Sekretaris Lingkungan Hidup Kabupaten Sergei, Nursaman menanggapi Buktipers.com, Rabu (21/11/2018).

Penegasan Nursaman tersebut berkaitan dengan adanya surat protes dari warga masyarakat terhadap usaha galian C yang beroperasi di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) di Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai.

“Kita sudah dapat infonya, tim ahli kami ada yang membahas itu (kerusakan, red). Sedang kita jajaki,” katanya.

Ketika ditanya terkait pengusaha yang mempunyai izin tapi semena-mena dengan tidak memelihara kelanjutan alam?. Walaupun ada izinnya, tapi kalau menyalahi ketentuan yang berlaku, itu katanya tidak dibenarkan.

Terpisah, Kasi Trantib Kecamatan Sipispis, Parlin Gultom ketika dimintai tanggapannya terkait keluhan masyarakat tentang masih beroperasinya galian C tersebut, mengatakan, akan mencek lagi galian C itu, dan rencannya tik akan turun ke lokasi.

“Itulah rencana mau kami cek lagi bang. Rencana kami mau turun ke situ (lokasi galian C, -red),” ujarnya.(irlan.s)

 

Editor : Maris