Gasak Uang Rp400 Juta, Kawanan Perampok Bank di Karawang Tertangkap

0
4
Kawanan perampok bank swasta di Karawang berhasil ditangkap anggota gabungan Polres Karawang dan Polda Jabar. Foto/Agung Bakti Sarasa
Dijual Rumah

Bandung, buktipers.com  – Polisi berhasil menangkap kawanan perampok usai menggasak uang Rp400 juta di salah satu bank swasta di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Penangkapan dilakukan tim gabungan Polres Karawang dan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat, dua hari usai perampokan itu terjadi, Jumat (26/12/2021) lalu.

Dalam upaya penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan tujuh orang kawanan perampok, sedangkan empat orang lainnya masih dalam upaya pengejaran polisi.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, ketujuh perampok itu diamankan di tempat dan waktu yang berbeda.

Erdi melanjutkan, ketujuh perampok itu berinisial CN, CA, MS, WCP, DY, AS, dan DH yang memiliki peran masing-masing, mukai melumpuhkan orang di dalam bank, menunggu dalam mobil, hingga ada yang berperan melakukan penodongan senjata api.

“Pelaku masuk sambil menodongkan senjata api, kemudian melumpuhkan para korbannya dengan cara mengikat tangan dan kaki,” ungkap Erdi di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (6/12/2021).

Erdi melanjutkan, setelah melumpuhkan orang-orang di dalam bank, kawanan perampok itu langsung menggasak uang sekitar Rp400 juta yang tersimpan di dalam brangkas bank.

“Usai menggasak uang, mereka langsung berpencar satu sama lain dan melarikan diri. Para pelaku berhasil diamankan dua hari setelah kejadian perampokan tersebut terjadi,” terang Erdi.

Erdi juga mengatakan bahwa lima dari tujuh pelaku yang berhasil ditangkap ternyata merupakan residivis. Kelimanya tercatat pernah melakukan aksi kejahatan di Cirebon, Bogor, Cikarang dan Jakarta Barat.

Bahkan, kata Erdi, salah satu di antaranya pernah melakukan aksi kejahatan di beberapa negara. “Untuk yang inisial CA, diketahui pernah melakukan kejahatan antarnegara, seperti di Malaysia, Vietnam, Thailand, Myanmar dan China,” beberapa Erdi.

Erdi menambahkan, setelah merampok bank swasta di Karawang, kawanan perampok ini juga sudah berniat merampok rumah milik salah satu artis ibu kota.

Erdi tidak menyebut siapa artis yang jadi incaran mereka. Namun, sebelum melancarkan aksinya, kawanan perampok ini keburu ditangkap polisi. “Para pelaku sudah membaca situasi melalui vlog keseharian artis tersebut,” ungkapnya.

Dalam penangkapan tersebut, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya empat pucuk senjata api, 17 butir peluru, delapan ponsel, dua kendaraan roda empat, dan uang tunai Rp40 juta rupiah lebih.

“Saat ini kita tengah mengejar empat pelaku lainnya yang masih satu komplotan dengan mereka,” tandas Erdi.

Diketahui, peristiwa perampokan terjadi di salah satu bank swasta di Karawang, kemarin. Berdasarkan informasi sementara, uang ratusan juta rupiah berhasil digasak perampok.

“Kurang lebih uang yang diambil lebih dari 300 juta,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago, Jumat (26/11/2021).

Erdi juga mengatakan, pihaknya masih mendalami peristiwa perampokan itu, termasuk jumlah pelaku perampokan tersebut.

“Belum tahu (jumlah pelaku), saat ini tim dari Ditreskrimum Polda dan Polres Karawang tengah berada di lokasi untuk olah tempat kejadian,” kata dia.

Terkait kabar yang beredar bahwa bank yang dirampok adalah May Bank. Erdi membenarkannya. Namun, terkait adanya korban yang disandera atau korban luka dalam kejadian itu, Erdi mengaku, belum mengetahui hal tersebut.

“Ini kan semua sedang di TKP Dirkrimum juga sudah di sana, sekarang masih olah TKP, masih mendata saksi untuk diminta keterangan,” kata dia.

 

Sumber : Sindonews.com