Beranda Nasional Gegara Lengan Kemeja, Saut Situmorang ‘Disidang’ Pengawas Internal KPK

Gegara Lengan Kemeja, Saut Situmorang ‘Disidang’ Pengawas Internal KPK

71
0
Saut Situmorang. (Net)
Loading...

Buktipers.com – Jakarta

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang bicara soal ketatnya pengawasan internal di lembaga antirasuah itu. Salah satunya, Saut mengaku pernah dipanggil oleh pengawas internal KPK gara-gara pakai baju lengan pendek saat konferensi pers.

Awalnya, Saut ditanya soal pengawasan internal di Kementerian PUPR terkait adanya 59 penjabat pembuat komitmen (PPK) proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang diduga menerima suap. Saut lantas menjawab tentang pengawas internal pemerintah secara umum.

“Ini APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) lagi dibahas, seperti apa mereka bisa melakukan check and balances di organisasi itu. Nah, tidak hanya kementerian, daerah juga begitu,” kata Saut di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Baca Juga!  Penjelasan dr Terawan soal Kondisi Terakhir Ani Yudhoyono Sebelum Meninggal

Dia menyatakan peranan APIP jadi perhatian agar pengawas internal percaya diri untuk berkoordinasi dengan KPK jika ada temuan atau indikasi korupsi di institusi yang diawasinya. KPK, menurut Saut, ingin pengawas internal di berbagai daerah bisa seperti di KPK.

“Secara keseluruhan KPK mempelajari seperti apa kita harus rekomendasikan aparat pengawas internal pemerintah yang kita harapkan posisinya seperti di KPK,” ucap Saut.

Pengawas internal di KPK, kata Saut, berani menegur pimpinan jika dinilai melanggar aturan. Saut menyebut dirinya pernah ‘disidang’ karena hadir di konferensi pers dengan kemeja lengan pendek.

“Saya kan pakai konferensi pers pakai batik pendek saja, saya dipanggil PI (Pengawas Internal) itu. ‘Pak Saut konferensi pers pakai batik lengan pendek’ gitu di KPK. Harus berani check and balances. Sampai begitu kita di KPK,” ucap Saut.

Baca Juga!  Kaesang dan Gibran yang Suka Bikin Heboh

Sumber : detik.com

Loading...