Geger…! Sumur Milik Warga ‘Berubah’ jadi BBM Jenis Pertalite?

0
363
Sumur milik warga yang diduga tercemar BBM.(sumber foto: detikcom)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Mojokerto

Warga Dusun Panjer, Desa Tunggalpager, Pungging, Kabupaten Mojokerto, digegerkan adanya air sumur yang mengandung diduga BBM.

Khoirudin (35) merupakan pemilik sumur yang airnya diduga mengandung bahan bakar kendaraan bermotor jenis pertalite.

Sumur tersebut, sudah berdiri di area belakang rumahnya selama 35 tahun. Kedalaman sumur milik Khoirudin sekitar 17 meter.

“Fenomena ini baru terjadi kali ini saja. Sebelum-sebelumnya tidak pernah seperti ini. Air dapat digunakan untuk minum,” kata Khoirudin, Selasa (16/10/2018).

Dia juga sudah mencoba untuk merebus air itu untuk diminum. Namun, nyatanya bau bahan bakar tetap menyengat.

“Pada saat saya rebus dan diminum aromanya bensin tidak hilang, menyengat sekali. Akhirnya tidak saya konsumsi. Awalnya kalau dibuat memasak tidak ada masalah dari segi rasa dan bau,” sambungnya.

Air sumur digunakan Khoirudin untuk minum, mencuci dan mandi. Karena air itu saat ini terkontaminasi, dia terpaksa beralih ke air PDAM.

Dia masih belum dapat memastikan penyebab air sumurnya terkontaminasi. Tetapi dia mengatakan, ada stasiun pengisian bahan bakar minyak yang berada 50 meter dari kediamannya.

“Tapi saya tidak tahu apa penyebab pastinya. Saya juga belum menanyakan ke pihak pom bensin,” terangnya.

Namun pemilik sumur itu juga menduga kalau sumurnya berubah karena tercematr BBM. Air sumur tersebut disebut warga tercemar Pertalite.

“Baunya mirip Pertalite, warnanya hijau,” kata, Khoirudin, kepada detikcom di rumahnya, Selasa (16/10/2018).

Sumur Khoirudin mungkin adalah sumur paling parah yang tercemar. Saat diambil dengan ember, pada permukaan air terdapat minyak yang mirip dengan BBM jenis Pertalite.

Bau mirip BBM pada air sumur miliknya, sudah dirasakan Khoirudin lebih dari sebulan yang lalu. Sebelum itu, air sumur di belakang rumahnya itu jernih, serta tak berasa maupun berbau.

“Kalau pakai pompa air hanya baunya ketahuan seperti Pertalite. Karena minyak itu kan naik ke permukaan sumur. Sedangkan pipa untuk pompa menyedot air di dalam sumur,” terangnya.

Pernyataan kurang lebih sama juga dilontarkan Isti Mersiawan (45), tetangga dekat Khoirudin.

Isti juga mengatakan air di sumurnya berbau seperti Pertalite, tetapi airnya tidak berwarna hijau, melainkan keruh.

“Bau air sumur saya seperti Pertalite, warnanya tidak jernih lagi,” kata Isti.(*)

 

Sumber: Tribunnews.com/detikcom