Gempa Terkini Guncang Nias Barat M6,7, BMKG: Warga Mentawai Masih Mengungsi

0
1
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat konferensi pers terkait Gempa Nias Barat, Jumat (14/5/2021). (Foto: MNC Portal/Rani Stones Wijaya)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Gempa terkini dengan Magnitudo 6,7 yang mengguncang Nias Barat, Jumat (14/5/2021) tak hanya membuat panik warga di sejumlah kota/kabupaten di Sumatra Utara.

Warga Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat pun dibuat kalang kabut hingga harus mengungsi ke dataran tinggi lantaran takut tsunami. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, sebagian warga di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai masih mengungsi ke tempat lebih aman akibat gempa Nias Barat.

“Sebagian warga di Kabupaten Kepulauan Mentawai dilaporkan masih mengungsi imbas guncangan kuat gempa yang turut dirasakan masyarakat di sejumlah daerah di Provinsi Sumatra Barat dan Sumatera Utara,” katanya dalam konferensi pers di Gedung BMKG Jakarta, Jumat (14/5/2021) malam. Dia memastikan, gempa bumi tektonik tersebut tak menimbulkan kerusakan yang berarti maupun adanya korban jiwa.

“Gempa tersebut juga dipastikan tidak memicu gelombang tsunami,” ucapnya.

Menurut Dwikorita, hingga pukul 16.20 WIB telah tercatat sembilan gempa susulan dengan rentang magnitudo 3,3 hingga 5,3. BMKG telah mengeluarkan informasi awal gempa bumi magnitudo 7,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 6,7.

“BMKG mengimbau agar masyarakat senantiasa waspada akan adanya potensi gempa susulan,” ucapnya.

Bupati Nias Barat, Sumatera Utara Khenoki Waruwu memastikan gempa bumi tektonik magnitudo 7,2 yang dimuktahirkan menjadi magnitudo 6,7, Jumat (14/5/2021) , tidak menimbulkan kerusakan bangunan di daerah itu. Meski demikian, guncangan gempa sempat membuat panik warga hingga keluar rumah.

“Memang warga tadi sempat panik ketika terjadi gempa, tetapi situasi sudah aman saat ini dan tidak ada terjadi kerusakan,” katanya.

Dia juga mengaku telah memberikan imbauan agar masyarakat Nias Barat tidak panik dan merasa resah. Namun, masyarakat tetap diminta waspada dan segera keluar rumah apabila terjadi gempa susulan untuk berjaga-jaga.

 

Sumber : iNews.id