Gila! Kayu Ini Harganya sampai Rp 1,45 Miliar/Kg

0
197
Ilustrasi Pohon Gaharu (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

Jakarta, buktipers.com – Ini kayu bukan kayu biasa. Harganya tak main-main, bisa tembus US$ 100.000 per kg atau sampai Rp 1,45 miliar per kg (kurs Rp 14.500).

Kayu tersebut bernama kayu gaharu. Kayu ini selama ribuan tahun dikenal dengan nama ‘The Wood of the Gods’.

Mengutip businesinsider, Kamis (3/9/2020), untuk menghasilkan gaharu kayu ini mesti terinfeksi jamur. Gaharu berasal Aquilaria malaccensis yakni pohon asli hutan hujan di Asia Tenggara.

Sebelum terinfeksi, inti kayu yang sehat di dalam pohon Aquilaria pucat, tidak berbau dan tidak berharga. Namun, di alam liar kerusakan pohon oleh sesuatu dari luar seperti hewan mengakibatkan tumbuhnya jenis infeksi jamur tertentu di dalam pohon yang disebut Phialophora parasitica.

Pertahanan Aquilaria dari serangan ini adalah dengan menghasilkan resin aromatik yang diinduksi stres yang disebut aloes yang berwarna gelap dan lembab. Selama beberapa tahun gaharu perlahan-lahan tertanam di inti kayu untuk membuat gaharu.

Setelah gaharu dipanen maka dipisahkan dari Aquilaria yang sehat di sekitarnya. Dari situ kemudian akan menjadi kepingan oud.

Oud juga disuling menjadi minyak esensial. Dan dalam bentuknya yang paling murni, minyak oud tua harganya bisa mencapai US$ 80.000 per liter dan mendapat julukan di antara para pedagang ‘emas cair’.

 

Sumber : detik.com