Gubernur Sumsel Hadiri HUT OKI, Ini Janji-janji dan Harapannya  

0
408
Gubernur Sumsel H.Herman Deru,Kapolda Sumsel, Kasdam Sriwijaya, Ketua Pengadilan Tinggi Sumsel H.Muhamad Syarif, Bupati Ogan Ilir H.M.Ilyas Panji Alam, dan sejumlah undangan pada HUT OKI.(foto/firman)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Kayuagung

Bertempat di ruang paripurna dewan, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar Paripuran Istemewa ke VII terkait hari jadi ke 73 kabupaten itu, Kamis (11/10/2018).

Acara itu dihadiri Gubernur Sumsel H.Herman Deru,Kapolda Sumsel, Kasdam Sriwijaya, Ketua Pengadilan Tinggi Sumsel H.Muhamad Syarif, Bupati Ogan Ilir H.M.Ilyas Panji Alam, dan sejumlah undangan.

Ketua DPRD OKI, HM.Yusuf Meki saat membuka  paripurna istimewa itu, menyampaikan terimakasihnya kepad seluruh yang hadir terkhusus kepada Gubernur Sumsel.

Dikatakan, adapun tema Hari jadi OKI kali ini adalah mengenai ‘Desa Berdaya Energi Ogan Komering Ilir Mandiri’ mudah-mudahan dapat memperkokoh semangat segenap warga masyarakat OKI dalam membangun Kabupaten OKI.

“Terima kasih pada bapak Gubernur Sumsel yang berkenan hadir. Gubernur baru semangat baru untuk  pembangunan yang menyeluruh, dan semangat keadilan,” kata HM.Yusuf Meki.

“DPRD sudah melaksanankan tugas pokoknya, sebanyak 28 Perda telah disahkan dari tahun 2014 hingga  2017, sedangkan tahun 2018 ini masih dalam tahap pembahasan,” paparnya.

Bupati OKI H.Iskandar mengatakan, di usia Kabupaten OKI berusia 73 tahun ini sejalan dengan Kemerdekaan RI.

“Kita bersyukur memerdekakan diri dalam kebhinekaan OKI.  Energi yang berdaya, yang mampu membawa kita berdaya. pembangunan di bidang insfratruktur  empat tahun ini, kami memperbaiki jalan sepanjang 2.106 kilometer,” katanya.

Semua itu, imbuhnya menjadi tanggung jawab Sumsel sepanjang 1500 km. Dan ini tentunya memerlukan perhatian khusus,  Dimana prosentase jalan 50% status layak 13% memrihatinkan.

Sementara Gubernur Sumsel H.Herman Deru pada kesempatan itu menyarankan, agar tahun depan peringatan HUT OKI tetap bernuansa baju adat.

“Saya juga pengen, agar tahun depan dibuat baju yang ada rendonyo,” ujarnya mengagumi.

Ditambahkannya, membangun OKI tanpa kebersamaan tentu akan ada hambatan, tapi dengan kebersamaan tentunya akan mudah digapai.

“Capaian tersebut tidak mungkin diraih sendiri. Bekerjasama dengan  DPRD  dan seluruh jajaran OPD dan Kades. Ini bukan sekedar etos, tetapi semangat kerja kita, komunikasi dengan pusat akan membuahkan pemikiran  dan provinsi tidak akan tinggal diam membangun OKI,” terangnya.

Jalan yang ada di Kabupaten OKI sebutnya lagi, akan diperbaiki seperti jalan Jejawi. “Ini akan saya perintahkan segera ketemu dengan PU, anggarkanlah,” tukasnya.

“Ini yang saya ubah, saya ingin komunikasi untuk membuka diri termasuk dengan Forkopimda dan DPR. Kita butuh pemkiran yang sama, kita bertekad untuk bersatu. Satu tujuan Sumsel lebih maju,   yang mengharapkan pemerataan yang berkeadilan. Kalo hanya rata dan tidak sesuai dengan keinginan masyarakat, maka akan timpang,” ujarnya.

Kantor Polres tandas Gubernur lagi, menjadi perhatiannya, Kabupaten OKI dmintanya untuk menyediakan lahannya , Kodim juga diminta agar diajukan.

“Selamat HUT Kabupaten OKI, menjadikan semangat baru bagi kita semua. Sebentar lagi Pemilu, OKI  daerah kita cintai, jangan terpecah belah, pilihan ada pada masing masing, saya mengajak kondusifnya alam Pemilu, kenyamanan selama ini tetap dijaga,” ujar Deru mengahiri.(firman)

 

Editor : Maris