Beranda Nasional Gubsu Edy Kumpulkan Rp 2 M untuk Warga Sumut Korban Rusuh Wamena

Gubsu Edy Kumpulkan Rp 2 M untuk Warga Sumut Korban Rusuh Wamena

239
0
Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Khairul-detik)

Medan, buktipers.com – Penggalangan dana untuk Wamena yang dipimpin Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi berhasil mengumpulkan dana Rp 2 miliar lebih. Besaran dana itu masih akan bertambah.

Aksi penggalangan dana bertajuk “Sumut Peduli Wamena” tersebut berlangsung di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Kamis (3/10/2019). Pendonor umumnya kalangan pengusaha, birokrat dan lembaga kemanusiaan.

Edy memimpin langsung penggalangan dana itu dan memulainya dengan sumbangan pribadi sebesar Rp 50 juta. Berikutnya donasi berdatangan dari berbagai pihak, hingga mencapai angka Rp 2 miliar lebih.

“Kan bukan berhenti segitu ini. Kita masih punya tiga hari ke depan. Dan akan saya lengkapi dana itu, sesuai dengan kebutuhan,” kata Edy.

Baca Juga!  Satu Data Sergai, Solusi Data Satu Pintu

Disebutkan, Edy sumbangan itu nanti akan dibawa ke Papua, dan dimanfaatkan terutama untuk membantu warga Sumut yang sekarang eksodus ke berbagai tempat karena kerusuhan di Wamena. Pemanfaatnnya bergantung kebutuhan.

“Tergantung kebutuhannya. Ada misalnya butuh untuk memperbaiki rumah. Ada butuh untuk pakaian,” tukas Edy.

Saat ini ada 80 warga asal Sumut yang eksodus karena efek kerusuhan di Wamena. Seluruhnya kini ditampung di Rindam XVII Cenderawasih di Sentani, Jayapura. Kondisi mereka dilaporkan dalam keadaan baik.

 

Sumber : detik.com

Loading...