Gubsu Janji Perbaiki Jalan Rusak yang Dikeluhkan Sejumlah Bupati

0
35
Peserta Pra Musrenbang Dataran Tinggi Sumut bersama Gubsu Edy Rahmayadi di Parapat, Sumut. (dok. istimewa)
Dijual Rumah

Simalungun, buktipers.com – Sejumlah Kepala Daerah di Sumatera Utara (Sumut) mengeluhkan kondisi jalan yang rusak. Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi pun berjanji membantu memperbaiki jalan rusak itu.

Hal ini disampaikan kepala daerah itu saat acara Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Wilayah Dataran Tinggi Sumut. Salah seorang yang menyampaikan itu adalah Bupati Dairi, Edy KA Berutu.

“Untuk Dairi, kita sudah memetakan bahwa ada sekitar 81,5 kilometer jalan kita yang rusak, Pak,” kata Edy saat acara di Hotel Niagara Parapat, Rabu (16/3/2022).

Dari jumlah itu, kata Edy, ada 26 kilometer jalan yang dalam kondisi rusak berat. Dia pun meminta Gubsu Edy Rahmayadi turut membantu memperbaiki jalan tersebut.

“Kita mohon dukungan provinsi untuk bisa bertahap menyelesaikannya,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan. Saat acara, Oloan mengatakan jalan di daerahnya ada yang dalam kondisi rusak berat.

“Di Humbahas juga ada jalan yang terputus sepanjang 10 kilometer, jalan ini menghubungkan Kabupaten Humbahas dan Kabupaten Pakpak Bharat,” sebut Oloan.

Selain masalah jalan, para kepala daerah ini membahas pendidikan dan masalah-masalah lain yang ada di daerah masing-masing.

Menanggapi keluhan para bupati itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pun berjanji membantu memperbaikinya. Edy mengatakan ada anggaran Rp 2,7 triliun yang disiapkan untuk memperbaiki jalan rusak di Sumut, khususnya jalan dalam status provinsi.

Dalam paparannya, Edy mengatakan, untuk dataran tinggi, perbaikan itu akan dibagi ke seluruh wilayah yang ada.

“Ini untuk kalian semua. Sumut tidak akan bermartabat kalau dataran tinggi tak berbuat,” jelas mantan Pangkostrad itu.

Adapun jumlah jalan yang akan diperbaiki Pemprov Sumut yaitu:

  1. Humbang Hasundutan: 12,5 kilometer
  2. Samosir: 9 kilometer
  3. Tapanuli Utara: 14,3 kilometer
  4. Toba: 14 kilometer
  5. Pematangsiantar: 5,64 kilometer
  6. Simalungun: 24,6 kilometer
  7. Pakpak Bharat: 2,4 kilometer
  8. Dairi: 11 kilometer
  9. Karo: 26,67 kilometer

 

Sumber : detik.com