Hadapi Sidang PK, Baiq Nuril Menangis

0
193
Foto: Bair Nuril (hari/detikcom)
Dijual Rumah

Buktipers.com Mataram 

Baiq Nuril Maknun (40) menjalani sidang perdana pemeriksaan administrasi peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri (PN) Mataram. Baiq Nuril sempat menangis sebelum sidang dimulai.

Mengenakan jilbab coklat, Baiq Nuril hadir di PN Mataram bersama keluarga dan didampingi oleh tim pengacaranya pada Kamis (10/1/2019) sekitar pukul 10.00 Wita. Baiq Nuril rencananya akan menjalani sidang di Ruang Candra PN Mataram.

“Ibu Nuril menangis karena trauma lihat ruang sidang waktu pertama dulu itu,” ucap tim pengacara Baiq Nuril, Aida.

“Mas, tolong, ndak bisa kami diganggu,” imbuhnya kepada sejumlah wartawan yang mengambil gambar Baiq Nuril.

Sebagaimana diketahui, MA melalui majelis kasasi yang dipimpin Hakim Agung Sri Murwahyuni, pada 26 September 2018, menjatuhkan vonis hukuman kepada Baiq Nuril selama 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dalam putusannya, MA menganulir putusan pengadilan tingkat pertama yang menyatakan Baiq Nuril bebas dari seluruh tuntutan dan tidak bersalah melanggar Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19/2016 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Tim pengacara Baiq Nuril, Joko Jumadi sebelumnya telah menyebutkan point pertimbangan yang dipakai pihaknya dalam mengajukan berkas memori PK.

Dia menyatakan putusan tingkat kasasi Mahkamah Agung RI Nomor 265/Pid.Sus/2017/PN.Mtr tanggal 26Juli 2017 yang dimohonkan untuk ditinjau kembali adalah putusan yang dengan jelas memperlihatkan suatu kehilafan hakim.

“Pertimbangan itu sesuai dengan ketentuan Pasal 263 ayat (2) huruf c Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP,” kata Joko.

Sumber : Detik.Com