Hanafi Rais Tinggalkan Kepengurusan karena PAN Mendekat ke Kekuasaan

0
91
Hanafi Rais. (Net)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Hanafi Rais dikabarkan mundur dari PAN. Putra sesepuh PAN, Amien Rais itu disebut juga mundur sebagai Ketua Fraksi PAN di DPR dan juga anggota DPR.

Kabar mundurnya Hanafi Rais berawal dari beredarnya surat bermaterai atas nama dirinya. Dalam surat bertanggal 5 Mei 2020 tersebut, Hanafi mengungkap kekecewaannya atas hasil Kongres PAN lalu yang kembali memenangkan Zulkifli Hasan sebagai Ketum.

Dalam surat itu disebut pasca kongres pada Februari lalu, Hanafi Rais menaruh harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan kader. Hanafi pun disebut kehilangan harapan dengan PAN yang mayoritas pengurusnya diisi oleh pendukung Zulkifli itu.

“Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri,” demikian kutipan surat yang mengatasnamakan Hanafi itu.

Hanafi Rais menilai PAN melewatkan momentum untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. Hanafi merasa tidak bisa lagi berada di dalam jajaran kepengurusan PAN saat ini karena PAN mendekat ke pemegang kekuasaan.

“Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan,” tulis dalam surat tersebut.

Dalam surat itu disebutkan Hanafi menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI Fraksi PAN periode 2019-2024. Surat tersebut dibenarkan oleh loyalis Amien Rais, Agung Mozin.

“Bener banget. Iya total mundur (dari kepengurusan, Ketua Fraksi PAN, dan anggota Fraksi PAN DPR RI periode 2019-2024),” ungkap Agung kepada detikcom, Selasa (5/5).

 

Sumber : detik.com