Harga BBM Naik, Sri Mulyani: Subsidi Masih Besar Rp336 Triliun Tahun Depan

0
5
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/ANTARA
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Pemerintah resmi menaikkan harga BBM subsidi mulai dari Pertalite, Solar hingga Pertamax. Pemerintah juga memastikan subsidi BBM dan Listrik masih tidak terhindarkan pada tahun depan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, tahun depan alokasi dana yang akan dialokasikan untuk subsidi BBM sudah disiapkan sebesar Rp336 triliun.

“Tahun depan, kita ajukan Rp336 triliun subsidi BBM. Dan Kalaupun tadi diumumkan menteri ESDM kita masih akan ada tambahan Rp100 triliun lagi dari kurang bayar tahun ini yang masuk tahun 2023. Ini akan kami bahas oleh kami di APBN 2023. akhir desember pembahasannya,” ujarnya dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta (3/3/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengumumkan, kenaikan harga BBM. Jokowi menyebut merupakan keputusan tersulit yang dirinya ambil. Menurutnya dinaikkannya BBM merupakan jalan terakhir bagi pemerintah.

“Saat ini pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapatkan subsidi akan mengalami penyesuaian,” kata Jokowi.

 

Sumber : Sindonews.com