Beranda Pendidikan Hari Guru Nasional di Humbahas Dipimpin Dra.Benni Sihite

Hari Guru Nasional di Humbahas Dipimpin Dra.Benni Sihite

78
0
Hari Guru Nasional di Humbahas ditandai pemotongan kue HUT oleh Kepsek SMPN 1 Pollung, Dra.Benni Sihite.(foto/BN)
Loading...

BuktiPers.Com – Humbahas (Sumut)

Hari Guru Nasional yang diselenggarakan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (26/11/2018) berlangsung tertib, aman, lancar dan khidmat.

Hari guru di Humbahas ini mengusung Tema ‘Meninggkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI’, dipimpin Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pollung, Dra.Benni Sihite sekaligus membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Hari guru ini dilaksanakan secara Nasional di seluruh Indonesia, mengingat bahwa tantangan pendidikan di abad kini semakin berat, dan hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar, memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dibacakan Dra.Benni Sihite mengatakan, revolusi Industri ke-IV yang sudah merambah kesemua sektor harus disikapi dengan arif, karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental.

Baca Juga!  Fisik Bangunan MTs Nurul Falah Memprihatinkan, Komite Sekolah Minta Perhatian Pemerintah  

“Untuk itu diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat, untuk meninggkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan, dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, dengan kompetensi global,” katanya.

Tugas utama guru, sambungnya lagi, adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengavaluasi setiap peserta didik.

“Oleh sebab itu, profesi guru sangat dekat dengan integritas dan kepribadian, guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer Ilmu Pengetahuan kepada peserta dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai, inspirator bagi anak didiknya,” paparnya.

Peran serta profesionalisme guru menjadi penting, karena hal itu merupakan salah satu syarat utama dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter, serta menguasai kecakapan abad XXI yang dibutuhkan oleh setiap peserta didik.

Baca Juga!  Pelajar SMK Negeri 3 Kayu Agung Lulus 100 Persen.

“Keunggulan komparatif ini harus kita kejar dengan keunggulan kompetitif di bidang SDM. Kita bersyukur bahwa saat ini konsentrasi pemerintah pada pembangunan SDM semakin besar, seiring dengan upaya menggenjot pembangunan infrastruktur, dua hal yang merupakan prasyarat untuk menjadi negara maju,” ujarnya.

Pada saat kemajuan infrastruktur sudah sedemikian baik maka tidak ada pilihan lain kecuali harus menyiapkan SDM yang unggul, dengan kompetensi global.

“Untuk itu kita bertekad agar pada masa masa mendatang para guru dapat semakin berpacu mengambil peran sentral menyiapkan SDM tersebut,” tandasnya lagi.

Upacara Hari Guru Nasional berlanjut dengan menyanyikan lagu ‘Terima Kasih Guruku’ dan dilanjut dengan menyanyikan lagu Himne Guru sekaligus pemberian bunga dada serta pemotongan kue. (B.Nababan)

Baca Juga!  Satpol PP Padangsidimpuan Terus Gelar OKS, Tujuh Pelajar Terjaring

 

Editor : Maris

Loading...