Hari Guru Nasional di Tapteng, Pahala Nababan Bacakan Amanat Menteri Pendidikan

0
279
Peringatan Hari Guru Nasional di Tapteng.(foto/job)
Dijual Rumah

BuktiPers.Com -Tapteng (Sumut)

Hari Ulang Tahun (HUT) Guru Nasional ke 73 tahun 2018, diperingati di 12 Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dengan upacara bendera, bertempat di lapangan sekolah SDN 157019 Pinangsori, Senin (26/12/1/1/2018).

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), Camat Pinangsori Pahala Nababan SH.

Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy yang dibacakan Pahala Nababan,SH  mengatakan, momentum HUT Guru Nasional tahun 2018 dijadikan sebagai refleksi bagi guru-guru terhadap sikap professional dan teladan bagi peserta didiknya.

“Momentum Hari Guru Nasional ini, hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah cukup professional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya.

“Dilain sisi, apakah kita sudah cukup memuliakan guru-guru kita yang berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita, sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil,” ujar Mendikbud, seperti dibacakan Pahala.

Bagi pemerintah, tukasnya, peringatan Hari Guru Nasional ini menjadi titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan.

“Bagaimanapun harus diakui bahwa masih banyak persoalan guru yang belum sepenuhnya teratasi. Oleh sebab itu, kebijakan-kebijakan yang sedang dan akan terus dilaksanakan adalah menjadikan guru lebih kompeten, professional, terlindungi dan pada gilirannya lebih sejahtera, mulia dan bermartabat,” tandas Mendikbud.

Meski demikian, kata Camat Pinangsori melanjutkan amanar Mendikbud, perlu disadari secara konstitusional mendidik adalah tanggung jawab Negara, tetapi secara moral merupakan tanggung jawab bersama.

“Upaya pemerintah pusat tentu memiliki keterbatasan, dan oleh karena itu sangat pantas kita berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah ikut membantu meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru,” paparnya.

Mendikbud juga mengakui jika permasalahan guru disetiap daerah berbeda-beda. Sehingga, dirinya berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mengambil kebijakan untuk mengatasi problem tersebut.

“Selamat Hari Guru yang ke 73, bagi Bapak Ibu, semoga sehat dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya untuk mencerdaskan anak anak Bangsa,” tutur Pahala.

Pelaksanaan upacara ini dilakukan sepenuhnya oleh pada Guru di sekolah ini. Bertindak sebagai Pimpinan Upacara Leo Tinambunan, Protokoler Lister Pemilu Hutagalung SPd, dan pembaca UUD 1945 adalah Kepala Sekolah Elfridwati Sikumbang SAg.MM.Pd.(Job Purba)

 

Editor : Maris