Hari Jadi ke-15 Kabupaten Sergai, Bupati ‘Pamer’ Prestasi

0
273
Peringatan hari jadi ke-15 Kabupaten Sergai ini, diwarnai dengan penyerahan Satya Lencana, penyerahan ASN terbaik.(Foto/ML.hrp/Rls)
Dijual Rumah

Buktipers.com- Sergai (Sumut)

Upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ke 15 Tahun 2019, dilaksanakan di lapangan Sepak Bola Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Jumat pagi (4/1/2019).

Kegiatan itu langsung dihadiri Bupati Sergai, H Soekirman, unsur Forkopimda, Wabup, H Darma Wijaya, Sekdakab, Drs Hadi Winarno, para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan serta seluruh ASN, di lingkungan Pemkab Sergai.

Soekirman, mengajak seluruh komponen penyelenggaraan Pemerintahan dan masyarakat menjadikan peringatan hari jadi Kabupaten Sergai, sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri, serta memantapkan kebersamaan dalam menyelenggarakan pembangunan yang dilakukan secara merata dengan menitikberatkan pada pembangunan desa.

Dengan tema hari jadi ke-15 ini “Membangun Perekonomian Desa yang Berdaya Saing Untuk Mewujudkan Serdang Bedagai Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan Menuju Sumut Bermartabat”.

Di tahun milenial yang serba digital ini, pembangunan desa bukan lagi hanya berbicara tentang pertanian saja, tapi juga pembangunan di sektor lain seperti  pariwisata, UKM, teknologi tepat guna, dan lain-lain dengan mengedepankan pembangunan yang berbasis kualitas SDM pemanfaatan media dalam jaringan, ungkapnya.

Kabupaten Sergai telah mengupayakan pembangunan secara modern dengan keberadaan inovasi aplikasi online. Dimana salah satunya adalah aplikasi Sistem Informasi Desa (SID).

Pembagunan yang terus meningkat di Kabupaten Sergai juga dapat dibuktikan dengan peraihan prestasi Kabupaten baik di tingkat lokal, provinsi maupun nasional, ujarnya.

Prestasi yang diraih Pemkab Sergai  antara lain, penghargaan Goverment Award tahun 2018 dengan kategori Ketahanan Pangan di Jakarta, Manggala Karya Kencana tahun 2018 di Sulawesi Utara, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori tingkat Madya di Jakarta, dan enam besar kecamatan terbaik Provinsi Sumut.

Selanjutnya pada bulan Desember tahun 2018 sesuai dengan surat Ketua Ombudsman RI Nomor 2429/ORI/SRT/XII/2018 tanggal 5 Desember 2018, perihal hasil penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Sesuai Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik tahun 2018. Pemerintah Kabupaten Sergai berhasil memperoleh piagam penghargaan predikat kepatuhan tinggi tahun 2018 dengan predikat zona Hijau dari Ombudsman RI di Jakarta.

Dengan adanya prestasi-prestasi tersebut saharusnya dapat menjadi cambuk bagi kita semua agar terus berupaya meningkatkan kapasitas diri dalam mendukung program-program pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Sumut secara umum dan Pemkab Sergai secara khusus, katanya.

Dijelaskan juga, bahwa desa merupakan bagian yang paling penting dalam sebuah wilayah pemerintahan yaitu sebagai pondasi pembangunan di pemerintahan daerah.

Oleh karena itu membangun perekonomian desa sehingga memiliki tingkat daya saing yang baik adalah program prioritas di Kabupaten Sergai.

Harapannya diusia yang ke-15 ini, Kabupaten Sergai dapat menjadi Kabupaten yang berdaya saing tinggi dan memiliki kontribusi yang besar bagi terlaksananya tatanan kepemerintahan bangsa Indonesia yang baik.

Upacara peringatan hari jadi ke-15 Kabupaten Sergai ini, diwarnai dengan penyerahan Satya Lencana, penyerahan ASN terbaik dan penyerahan sertifikat UKW bagi wartawan yang dinyatakan kompeten.(ML.hrp/Rls)