Beranda Nasional Haris Azhar Tolak Jadi Saksi Fakta Kubu Prabowo, Ini Alasannya

Haris Azhar Tolak Jadi Saksi Fakta Kubu Prabowo, Ini Alasannya

44
0
Haris Azhar. (Net)
Loading...

Buktipers.com – Jakarta

Aktivis kemanusiaan yang juga Direktur Kantor Hukum dan HAM Lokataru, Haris Azhar, menolak untuk menjadi saksi fakta oleh pihak Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Haris punya alasan sendiri soal penolakannya itu.

Haris menyadari jika kehadirannya di ruang sidang MK ada kaitannya dengan kasus yang melibatkan mantan Kapolsek Pasir Wangi, AKP Sulman Aziz. Kasus yang dimaksud yakni dugaan adanya perintah dari Kapolres Garut kepada Sulman untuk melakukan penggalangan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf, di Pilpres 2019.

“Saya menyatakan tidak bersedia untuk hadir sebagai saksi dalam sidang sengketa Pemilihan Presiden 2019 di Mahkamah Konstitusi hari ini pada tanggal 19 Juni 2019, semata-mata berbasis pada profesi advokat yang selama ini saya jalani,” ungkap Haris lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (19/6/2019) petang.

Baca Juga!  Dua Utusan Partai Nasdem Lingga, Tidak Akui H.Kamarudin Sebagai Bacaleg Partai

Mengenai kasus tersebut, dia menjelaskan bahwa dirinya bekerja berdasarkan pada hasil kerja advokasi, kecocokan atas dugaan dan fakta yang terjadi, serta mengingat nilai-nilai profesionalitas polisi yang harus netral dan tidak memihak dalam Pilpres 2019. Oleh karena itu, status AKP Sulman itu dapat dikatakan sebagai seorang whistleblower.

“Oleh karena itu, atas dasar kedekatan pribadi saya dengan yang bersangkutan dan juga profesionalitas saya sebagai advokat, saya melakukan pendampingan dan bantuan hukum secara pro bono (cuma-cuma),” ujarnya.

Dia pun meminta agar pihak Tim Hukum Prabowo-Sandi dalam pengajuan saksi fakta, lebih baik langsung meminta kepada AKP Sulman, dan tidak perlu melibatkan dirinya.

“Oleh karenanya, silakan menggunakan keterangan-keterangan yang telah ada dan dalam hal ini saya menilai lebih tepat apabila Bapak AKP Sulman Aziz langsung yang hadir untuk dimintai keterangan dan diminta menjadi saksi dalam sidang ini,” tuturnya.

Baca Juga!  Soal Aksi Massa Saat Sidang Putusan MK, Ini Kata Kapolri

 

Sumber : iNews.id

Loading...