Hasil Babak 16 Besar Euro 2020 Minggu Malam: Belanda dan Portugal Tersingkir

0
1
Portugal tersingkir dari Euro 2020 usai kalah dari Belgia di babak 16 besar Euro 2020. (foto: Reuters)
Dijual Rumah

Seville, buktipers.com – Dua laga babak 16 besar Euro 2020 dipertandingkan Minggu (27/6/2021) malam hingga Senin (28/6/2021) dinihari.

Hasilnya cukup mengejutkan karena Belanda dan Portugal harus tersingkir dari Euro 2020. Pertama, Belanda harus pulang usai kalah dari Republik Ceko dengan skor 0-2. Bertanding pada Minggu 27 Juni 2021 malam WIB, kedua tim relatif bermain terbuka di di Puskas Arena, Budapest, Hungaria.

Namun, Ceko mendapat keuntungan setelah Matthjs de Ligt menghentikan laju bola dengan tangannya. Wasit awalnya hanya menghadiahi kartu kuning untuk De Ligt. Namun, setelah mendapat masukan dari VAR, wasit mengganjar de Ligt dengan kartu merah.

Belanda harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-55. Keuntungan tersebut dimanfaatkan baik oleh Ceko.

Tomas Holes berhasil membuka skor melalui sundulan pada menit 68.

Patrik Schick menambah keunggulan Ceko pada menit ke-80. Dia mencetak gol setelah memaksimalkan umpan holes. Skor 2-0 pun bertahan hingga laga usai.

Kemenangan tersebut memebuat Ceko akan menghadapi Denmark yang lebih dulu lolos ke perempat final usai menghancurkan Wales 4-0 pada Sabtu, 26 Juni 2021. Laga Denmark melawan Ceko akan berlansung pada Sabtu 3 Juli 2021 mendatang di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan.

Sementara itu, Belgia menghadapi Portugal pada babak 16 besar di Stadion Olimpiade Sevilla, Senin (28/6/2021) dini hari WIB. Timnas Belgia langsung membangun serangan sejak menit pertama pertandingan.

Sejauh Ini Thorgan Hazard dan Eden Hazard membuka mencoba mengintip peluang di awal babak pertama. Tak berselang lama, Portugal merespons lewat serangan yang diciptakan Renato Sancez di menit keenam.

Sayang, bola masih melebar disisi kanan gawang. Cristiano Ronaldo juga tak ingin ketinggalan. Penyerang Juventus itu nyaris membawa Portugal unggul andai eksekusi tendangan bebasnya tak melayang di atas mistar gawang.

Belgia membuat kejutan lewat gol Thorgan Hazard di menit ke-42. Rui Patricio gagal mengantisipasi tembakan keras dari luar kotak penalti. Belgia unggul 1-0 atas Portugal hingga turun minum. Portugal mencoba meningkatkan serangan pada babak kedua.

Namun, upaya Cristiano Ronaldo dan kolega tak mampu mengubah skor, dan membuat mereka tersingkir dari Euro 2020. Sedangkan Belgia akan menantang Italia yang lebih dulu lolos.

Skuad Roberto Mancini menang 2-1 atas Austria di fase 16 besar. Laga Italia melawan Belgia akan berlangsung pada 3 Juli 2021 di Allianz Arena, Munich, Jerman.

 

Sumber : iNews.id