Heboh Pentol Kuah Daging Tikus, BPOM Sampaikan Hasil Uji Laboratorium

0
371
Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi saat memberi penjelasan.
Dijual Rumah

Buktipers.com – Sanggau (Kalbar)

Kepala Loka POM Kabupaten Sanggau, Agus Riyanto, menyampaikan, berdasarkan hasil uji laboratorim yang dilakukan BPOM Kalbar, di Pontianak, terkait ditemukannya dugaan ekor tikus di pentol kuah yang sempat menghebohkan warga Sanggau, dipastikan negatif mengandung daging tikus.

“Setelah kami lakukan pengecekan di laboratorium Balai Besar POM di Pontianak, bahwa dari hasil uji laboratorium, tidak ditemukan adanya kandungan daging tikus didalam bakso pentol kuah, ”katanya, kemarin.

Agus menjelaskan, bahwa pihaknya hanya menguji terhadap apa yang dilaporkan warga yang datang pada tanggal 8 Januari 2019, sekitar pukul 15.00 WIB, dengan membawa sampel bakso pentol kuah.

Agus tidak menjelaskan secara rinci terkait temuan, seperti ekor binatang lain, misalnya jenis cicak yang ditemukan warga didalam pentol kuah tersebut.

Hal itu mengingat laporan juga disampaikan ke Polres.

“Mungkin untuk itu kami serahkan kepada pihak Kepolisian, karena sebagai tindaklanjut laporan dari masyarakat. Selain ke kami, kan juga ke Polres, bahwa sudah ditemukan didalam sambal cabe yang didalam cabenya ada badan cicak seperti itu, ”ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi menegaskan, pihaknya akan mendalami kasus tersebut.

“Apakah yang bersangkutan sengaja atau tidak yang jelas untuk kesengajaan di dalam bakso itu sendiri negatif ya. Tentunya ini yang harus kita dalami juga, ”tuturnya.

Kapolres menjelaskan, informasi yang diperoleh dari Balai POM akan menjadi bahan bagi pihak Kepolisian untuk menindaklanjuti kasus bakso pentol kuah tersebut.

“Kami akan mendalami, keterangan dari Balai POM inilah yang nantinya menjadi pedoman kami untuk menindaklanjuti kasus ini, ”pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, warga kota Sanggau dihebohkan dengan adanya penemuan diduga potongan ekor cicak di pentol kuah yang dijual seorang mamang, inisial WR, di belakang lapangan sepak bola Rawa Bakti, kelurahan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Selasa (8/1/2019), lalau.

Kasat Reskim Polres Sanggau, AKP Haryanto, menjelaskan kronologis kejadian, yaitu Selasa 8 Januari 2019, sekira pukul 11.15 WIB, di Gg Rawa Bhakti, samping SMPN 2 Sanggau, saat BT membeli pentol kuah bakso dari WR.

“Dan ketika hendak memakan pentol kuah tersebut, terdapat berupa potongan ekor cicak yang berada didalam wadah kuah pentol bakso tersebut, ” katanya, Rabu (9/1/2019), lalu.

Kemudian BT menyampaikan hal tersebut kepada JPG dan kemudian dilaporkan ke Polsek Kapuas. selanjutnya Unit Reskrim Polsek Kapuas berkoordinasi dengan piket siaga Reskrim.

Kemudian menemui penjual pentol kuah bakso di rumah kontrakannya, di Jl Pangsuma, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas.

“Selanjutnya dilakukan pengecekan di rumah tersebut dan didapatkan satu ekor cicak yang telah mati yang berada dialam panci yang berisikan cabe cair yang telah diolah, ” tuturnya.

Selanjutnya, WR serta barang-barang terkait dagangannya dibawa ke Polres Sanggau, guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.