High Level Meeting TPID Se Wilayah Kerja KPW BI Pematangsiantar

0
779
IMG-20170928-WA0034

BuktiPers.Com – Pematangsiantar (Sumut)

Kamis 28 September 2017 di gedung BI Pematangsiantar digelar rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah se wilayah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar.

Acara tersebut dibuka oleh Walikota Pematangsiantar dalam hal ini diwakili Asisten perekonomian dan pembangunan Drs.M.Akhir Harahap dan didampingi Kepala tim kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Bapak Sugeng Siswanto dan Ketua TPID 8 Kabupaten/Kota (Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhan Selatan dan Kota Tanjung Balai)

Sambutan Walikota yang dibacakan Asisten perekonomian dan pembangunan Drs.M.Akhir Harahap bahwa rapat koordinasi antar kabupaten/kota yang berada di wilayah kerja KPw BI Pematangsiantar telah menjadi agenda rutin yang kita laksanakan setiap triwulan.

Sepanjang tahun ini, rapat koordinasi melalui High Level Meeting untuk konsitensi dan peningkatan koordinasi ini sangat penting dalam mendorong perekonomian.

Meskipun di antara 8 kabupaten/kota ini yang di survei dalam indeks harga konsumen hanyalah kota Pematangsiantar, capaian inflasi di kota Pematangsiantar tentu tak terlepas dari peran TPID kabupaten/kota lainnya, khususnya dalam hal ketersediaan pasokan dan pedagangan antar daerah. Atas dasar itulah koordinasi antar daerah menjadi penting dalam pencapaian inflasi yang rendah dan stabil.

Semoga pertemuan hari ini dapat menghasilkan rekomendasi dan langkah nyata untuk kita kerjakan dan seluruh TPID diharapkan dapat melakukan evaluasi atas efektifitas kebijakan yang di ambil untuk menjaga keterjangkauan harga barang dan jasa.

Hihg Level Meeting TPID Kabupaten/kota diwilayah kerja KPw BI Pematangsiantar menghasilkan rekomendasi dan kesepakatan sebagai berikut :

a. Seluruh TPID Kabupaten/Kota agar melakukan penyesuaian struktur dan keanggotaan TPID sesuai keputusan Presiden nomor 23 tahun 2017 tentang Tim Pengendalian Inflasi Nasional, selambat-lambatnya tanggal 7 Oktober 2017

b. Seluruh TPID Kabupaten/Kota berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama antar daerah

c. Peningkatan produksi dan produktifitas cabe merah disentra produksi Kab.Batubara dan Kab.Simalungun

d. Peningkatan pengawasan atas penngendalian hama, khususnya pada komoditas bawang merah di Kabupaten Simalungun

e. Melakukan pengawasan atas ketersediaan pasokan dan distribusi gas LPG bersubsidi

f. Masing-masing TPID akan menyampaikan hasil rekomendasi HLM TPID kepada Kepala Daerah masing-masing untuk ditindaklanjuti.

g. Melakukan sosialisasi pengalihan subsidi gas LPG 3 kg menjadi gas LPG 5,5 kg dan meminta komitmen Pertamina untuk memastikan ketersediaan gas LPG 5,5 kg

h. Dalam rangka peningkatan kapabilitas TPID akan dilakukan studi banding kepada TPID yang terpilih sebagai TPID berprestasi. (01/Red)