IKMA Sergai Gelar Kegiatan Mengajar dan Pengabdian kepada Masyarakat

0
63
Ikatan Mahasiswa Serdang Bedagai (IKMA) telah melaksanakan kegiatan mengajar dan pengabdian kepada masyarakat, tepatnya di SD Negeri 104303 Kampung Ibus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Ikatan Mahasiswa Serdang Bedagai (IKMA) telah melaksanakan kegiatan mengajar dan pengabdian kepada masyarakat, tepatnya di SD Negeri 104303 Kampung Ibus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai yang dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 Agustus 2022 yang melibatkan seluruh anggota IKMA Sergai dan pihak sekolah serta Kepala Desa Sei Rampah.

Muhammad Ramli S.Ag, MA, selaku Kepala Sekolah SDN 104303 Kp.Ibus, Rabu (10/8/2022) mengatakan, “Kegiatan yang dilaksanakan oleh IKMA Sergai di sekolah SDN 104303 Kp. Ibus sesuai dengan nama kegiatannya yaitu, IKMA Sergai Mengajar dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Lanjut Muhammad Ramli, kegiatan ini sangat bermanfaat baik bagi anggota IKMA Sergai, bagi sekolah, juga masyarakat dan bagi Kabupaten Serdang Bedagai.

Bagi anggota IKMA Sergai yang merupakan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Lhoksemawe – Aceh Utara akan mendapatkan pengalaman baru dalam kehidupan bermasyarakat terkhusus di dunia pendidikan dasar.

Peserta kegiatan tentunya dapat mengakatualisasikan keilmuannya dalam mendidik.

Mengajar dan melatih anak didik dalam pembelajarannya. Bagi sekolah tentunya akan memberikan motivasi yang sangat besar untuk  peserta didik agar terus menggantungkan asa dan cita-cita dengan terus belajar dan menuntut ilmu sampai ke Perguruan Tinggi, dengan mengesampingkan segala kekurangan dan hambatan yang ada seperti masalah pembiayaan/ekonomi orang tua.

Begitu banyak beasiswa saat ini yang diberikan baik oleh pemerintah maupun oleh pihak lainnya, tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi peserta didik yang akan kuliah, yang penting adalah niat dan kemauan.

Ikatan Mahasiswa Serdang Bedagai (IKMA) telah melaksanakan kegiatan mengajar dan pengabdian kepada masyarakat, tepatnya di SD Negeri 104303 Kampung Ibus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

Bagi masyarakat luas kegiatan ini sangatlah berarti, karena akan memberikan motivasi dan semangat baru bagi daerah untuk mengembangkan potensi daerahnya, baik dari segi ekonomi, sosial dan budaya.

“Saran saya, ke depan, agar IKMA Sergai merancang kegiatan serupa tapi dengan sasaran yang lebih banyak, waktu kegiatannya ditambah (jangan cuma 3 hari), dan melibatkan pihak – pihak yang berkompeten, sehingga kegiatan yang dikemas mendapatkan out put yang lebih baik lagi bagi peserta kegiatan maupun bagi sasaran kegiatan, sembari mengucapkan terima kasi,”ujarnya.

Sementara, Kepala Dusun Kp Ibus mengatakan, “kegiatannya bagus, kalau untuk masyarakat ya sebenarnya senang dengan kegiatan seperti ini dan sebagian anak-anaknya belajar seperti ikut les, mengaji bareng, jadi agak terbantulah”.

Sementara, Abangda Rizki Shubhan Nasution selaku Ketua Umum IKMA Sergai mengatakan, “Kegiatan IKMA Sergai mengajar dan mengabdi ini adalah kegiatan mahasiswa yang berada di paguyuban IKMA Sergai melakukan pengabdian sambil mengisi waktu luang di kala libur semester dengan kegiatan positif di Kp.Ibus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai. Kami menginap di salah satu rumah warga selama 3 hari dan melakukan kegiatan – kegiatan seperti, mengajar di SD, mengajar les privat, dan mengajar ngaji untuk anak – anak di kampung tersebut”.

“Dan tidak lupa, kegiatan pengabdian lainnya yang sangat berkesan juga menjadi pengalaman bagi kami semua. Harapan saya, semoga kegiatan ini berlanjut di tahun – tahun berikutnya karena di sini juga kita dapat membangun kekompakan di keluarga IKMA Sergai ini sendiri, ”katanya.

Kemudian, Ketua Panitia IKMA Sergai, M Rinaldi Ario Seno menambahkan, “Alhamdulillah, kegiatan IKMA Sergai Mengajar dan Pengabdian kepada Masyarakat sudah selesai. Kami selaku panitia dan anggota IKMA Sergai sangat berterima kasih kepada SDN 104303 Kampung Ibus dan bapak Kepala Desa Sei Rampah yang telah mengizinkan kami untuk memberikan sedikit ilmu dan pengalaman yang kami dapat saat kuliah di Universitas Malikussaleh (UNIMAL)”.

“Kegiatan yang dilakukan selama 3 hari sangat lah memberikan sebuah makna dan pengalaman yang berarti bagi kami. Sekali lagi terima kasih untuk kawan kawan hebat IKMA Sergai,” ungkapnya.

Harapan dalam kegiatan ini, semoga kedepannya kami (IKMA SERGAI) bisa membuat kegiatan – kegiatan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat luas, terkhususnya di Kabupaten tercinta, Kabupaten Serdang Bedagai dan semoga semakin banyak juga pihak-pihak atau instansi terkait untuk mendukung kegiatan IKMA Sergai kedepannya, tutupnya.

 

(ML.hrp)