Ini Daftar 20 Bank Terbaik di Indonesia Tahun 2022 Versi Forbes

0
3
20 bank yang beroperasi di Indonesia masuk dalam daftar bank terbaik dunia versi Forbes. Foto/Ilustrasi
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Ada 20 bank yang beroperasi di Indonesia yang masuk jajaran World’s Best Banks 2022 atau Bank Terbaik di Dunia 2022 versi Forbes .

Untuk membuat daftar ini, Forbes melakukan survei kepada lebih dari 45.000 pelanggan dari 27 negara untuk menentukan rankingnya.

Dilansir dari laman Forbes, ada empat bank BUMN yang masuk daftar Forbes. Keempat bank BUMN itu adalah Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank Syariah Indonesia.

Yang mengejutkan ada satu bank pembangunan daerah (BPD) yang juga tertera dalam jajaran bank bergengsi ini. Dialah Bank DKI, bank milik Pemprov DKI Jakarta.

Selebihnya adalah bank swasta, salah satunya adalah Bank BCA yang merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Yang menjadi pertanyaan adalah Jenius masuk dalam daftar ini bersama Bank BTPN. Jenius merupakan layanan digital banking dari BTPN.

Dalam risetnya, Forbes menjelaskan bank dinilai berdasarkan kepuasan pelanggan secara umum, seperti kepercayaan pelanggan, biaya, layanan digital, dan saran terkait keuangan.

Bank asal Amerika Serikat paling banyak menempati peringkat dalam rilis Forbes ini, yaitu 75 bank, diikuti Jepang dengan 45 bank, dan Jerman 35 bank.

Sementara, dari 27 negara, ada 7 negara yang paling sedikit menempati posisi dalam World’s Best Banks 2022.

Empat dari 10 bank besar berasal dari AS. Sisanya adalah dua bank dari India, yaitu HDFC Bank dan ICICI Bank lalu Nubank dari Brazil dan Commercial Bank of Dubai dari Uni Emirat Arab.

Berikut 20 bank terbaik di Indonesia tahun 2022 versi Forbes:

  1. Bank Central Asia (BCA)
  2. Bank DBS Indonesia
  3. Bank Mandiri
  4. United Overseas Bank (UOB)
  5. Bank Syariah Indonesia (BSI)
  6. Citibank
  7. Bank Jago
  8. BCA Syariah
  9. HSBC Holdings
  10. Bank Negara Indonesia (BNI)
  11. Panin Bank
  12. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  13. Bank Neo Commerce (BNC)
  14. Maybank
  15. Bank DKI
  16. OCBC NISP
  17. CIMB Niaga
  18. Bank Permata
  19. Jenius
  20. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN)

 

Sumber : Sindonews.com