Ini Empat Ranperda yang Dilahirkan Pemkab dan DPRD Nias

0
209
Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias, bersama DPRD saat menyetujui Ranperda.
Dijual Rumah

Buktipers.com – Nias (Sumut)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias, bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), menyetujui empat rancangan peraturan daerah (Ranperda), melalui rapat paripurna.

Acara pembahasan Ranperda ini, dihadiri Bupati Nias, Drs Sokhiatulo Laoli MM  dan Wakil Bupati, Arosokhi Waruwu SH MH, di ruang rapat kantor DPRD, di Gunungsitoli Selatan, Senin (14/1/2019),lalu.

Keempat Ranperda  yang disetujui DPRD, antara lain:

1).Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

2).Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

3).Rancangan Peraturan Daerah  tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha.

4).Rancangan Peraturan Daerah  tentang rencana induk pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Nias.

Bupati Nias , Drs Sokhiatulo Laoli, mengatakan,  bahwa pajak daerah dan retribusi daerah, merupakan sumber pendanaan yang sangat penting bagi daerah, dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat.

Bupati juga mengharapkan kepada seluruh perangkat daerah terkait, agar  dapat segera mengambil langkah-langkah percepatan untuk untuk melakukan perencanaan.

“Dengan penetapan ke empat Ranperda ini, saya harapkan kepada perangkat daerah terkait, segera mengambil langkah-langkah percepatan untuk melakukan perencanaan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Ranperda ini,” ucapnya.

Bupati  juga mengharapkan kerja sama kepada semua pihak, terlebih-lebih segenap pimpin dan anggota DPRD Kabupaten Nias, dalam memberhasilkan pelaksanaan ke empat Ranperda Kabupaten Nias ini. (Aro Ndraha-red)