Beranda Siantar Ini Kecamatan Mewakili Siantar ke Event MTQN Tingkat Provinsi

Ini Kecamatan Mewakili Siantar ke Event MTQN Tingkat Provinsi

63
0
Wakil Walikota Siantar Togar Sitorus SE.MM menyerahkan piala berrgilir Walikota kepada yang mewakili pemenang MTQN ke-51 Kota Pematangsiantar.(foto/ist)
Loading...

Buktipers.com – Pematangsiantar

Tim Kecamatan Siantar Barat sukses meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-51 Tingkat Kota Pematangsiantar.

Yang terbaik dari MTQN ini akan diutus sebagai perwakilan Siantar untuk mengikuti event MTQN Tingkat Provinsi Sumut yang akan diselenggarakan di Kota Tebingtinggi tanggal 9-15 April 2019.

Pengumuman pemenang disampaikan dewan juri, Jumat (29/3/2019) malam, sekaligus penyerahan piala bergilir Walikota Pematangsiantar kepada pemenang.

Saat acara penutupan berlangsung, sejak sore hujan mengguyur deras, namun guyuran itu tidak menyurutkan masyarakat untuk hadir di acara penutupan MTQN yang dilaksanakan di Lapangan H Adam Malik kota itu.

Penutupan MTQN ditandai penurunan bendera MTQN oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pematangsiantar serta pemukulan beduk oleh Wakil Walikota Togar Sitorus SE.MM didampingi Ketua Panitia Pelaksana Budi Utari AP, serta unsur Forkompimda Pematangsiantar

Budi Utari mengatakan, pelaksanaan MTQN yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan minat baca Alquran, pembinaan kualitas bacaan Alquran, dan pemahaman isi kandungan Alquran, juga sebagai persiapan utusan peserta dari Kota Pematangsiantar untuk mengikuti seleksi MTQN tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Kota Tebingtinggi, 9-15 April 2019.

Baca Juga!  Dikmata TNI AD TA 2018 Ditutup, Pangdam I/BB Sampaikan Pesan Begini

MTQN kali ini diikuti delapan kafilah dari delapan kecamatan yang ada di Kota Pematangsiantar, terdiri dari Kecamatan Siantar Barat 62 peserta, Siantar Timur 46 peserta, Siantar Utara 52 peserta, dan Siantar Selatan 32 peserta.

Kemudian, Kafilah Kecamatan Siantar Marihat 30 peserta, Siantar Martoba 62 peserta, Siantar Sitalasari 44 peserta, dan Siantar Simarimbun 42 peserta. Ditambah peserta Nasyidaria 43 grup.

Adapun cabang yang diperlombakan yakni Tilawah, Tartil, Tahfiz, Fahmil, Syahrir, Khattil, dan kontemporer.

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM diwakili Wakil Walikota Togar Sitorus SE MM, atas nama Pemko Pematangsiantar memberikan penghargaan setinggi-tingginya, dan menyampaikan selamat serta sukses atas pelaksanaan MTQN Tingkat Kota Pematangsiantar tahun 2019.

“Dengan harapan kegiatan MTQ ini mampu menjadi motivasi bagi para peserta maupun umat Islam di Pematangsiantar untuk lebih mencintai Alquran. Sehingga Alquran menjadi jati diri dan karakter umat Islam. Kita berharap semoga kegiatan ini dapat melahirkan generasi-generasi penerus yang Islami dan Qurani,” katanya.

Baca Juga!  Kejati Sumut Tangkap DPO Kasus Korupsi Pembangunan Kios Pasar Horas

“Saya yakin dan percaya kegiatan ini membuahkan hasil yang sangat positif. Bukan hal mudah untuk melakukan pembinaan, karena dibutuhkan keseriusan, konsentrasi, serta energi yang lebih kepada Qori dan Qoriah yang menjadi utusan masing-masing kecamatan agar mampu tampil maksimal, bahkan menjadi yang terbaik pada event-event MTQ di Tingkat Kota Pematangsiantar, provinsi, bahkan tingkat nasional,” lanjutnya.

Walikota juga berharap, agar para peserta yang menjadi juara semakin mengasah kemampuan dan keterampilan agar dapat tampil lebih baik pada event yang lebih tinggi.

“Kepada peserta yang belum meraih gelar juara, jangan putus asa dan teruslah berusaha dengan tekad pantang menyerah. Jadikan momentum ini sebagai evaluasi diri guna mengetahui titik kelemahan, sehingga pada kegiatan-kegiatan MTQ selanjutnya keberhasilan bisa diraih,” katanya lagi.

Kepada Para Dewan Hakim, panitia pelaksana, dan pihak-pihak lain yang telah berkontribusi dan berpartisipasi, diajak menjadikan momentum MTQN sebagai langkah untuk menanamkan semangat mentradisikan minat baca Al-quran di tengah-tengah umat, khususnya kepada generasi muda.

Baca Juga!  Beraksi Saat Ibu Rumah Tangga Lagi Tidur, 2 Pemuda Ini Diringkus Polsek Perdagangan

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama para generasi muda Islami untuk siap dan dapat melakukan persaingan, membekali diri dengan berbagai macam ilmu keterampilan dan pengetahuan agar mampu menghadapi berbagai macam persoalan yang serba kompleks,” sebutnya.

Piala Bergilir Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM di dampingi Ketua Panitia Pelaksana Budi Utari AP kepada Camat Siantar Barat Syaiful Rizal SSTP.

Penutupan MTQN itu dihadiri, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pematangsiantar, Kepala Kantor Kementerian Agama Pematangsiantar, para staf ahli, asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat se-Kota Pematangsiantar, lurah se-Kota Pematangsiantar, Ketua TP-PKK Pematangsiantar, Ketua Darma Wanita Pematangsiantar, para pimpinan BUMN, BUMD, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta masyarakat. (hms/red)

 

Editor: Maris

Loading...